Laptop Loading Lama Saat Dihidupkan?

Laptop Loading Lama Saat Dihidupkan?

Jika laptop kamu loading lama saat dihidupkan, ada banyak faktor penyebab laptop kamu atau pc kamu loading terlalu lama ketika baru dihidupkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop loading lama saat dihidupkan? ya kita kan bahas tuntas mengenai permasalahan tersebut ya.

Cara menangani Laptop Loading Lama Saat Dihidupkan sebetulnya dapat kita kerjakan sendiri saat sebelum minta servis center computer untuk membenahinya.

Sama seperti dengan computer pc, laptop juga kadang lamban loading saat dihidupkan. Ini disebabkan karena beberapa faktor.

Langkah yang termudah pasti dengan memencet tombol CTRL+ALT+Del secara bersamaan kemudian pilih Task Manajer lalu pilih pilihan End Task sebagai solusinya.

Bila cara itu tidak mempan, karena itu dengan berat hati kita langsung akan tutup semua program dengan memencet tombol power.

Sekali 2x kemungkinan tidak jadi masalah, tetapi bila berulang-kali kita mau tak mau tutup, ditakuti mekanisme atau hardware laptop akan bermasalah seperti harddisk ram dll.

Baik, perlu kita kenali ada banyak pemicu laptop lama loading saat dihidupkan. Berikut akan kita ulas.

Berikut ini 5 Penyebab Laptop Loading Lama Saat Dihidupkan

1. StartUp Aplikasi Terlalu Banyak

Poin pertama ini sebagai permasalahan yang tersering, dan biasa terjadi yang sudah tentu akan mengakibatkan laptop benar-benar lamban atau loading saat dihidupkan begitu lama.

Startup ialah, program yang digerakkan computer pada pertama kalinya dihidupkan. Bila anda memasang banyak program seperti anti virus, anti malware dan program yang lain, akan membuat netbook benar-benar lamban bila program itu digerakkan saat netbook starting.

👉TRENDING:  8 Teknologi Smart Car yang Membuat Mobil Semakin Canggih

Untuk permasalahan ini, jalan keluarnya benar-benar mudah. Dari keybaord anda, pencet Win + R dan tuliskan msconfig.

Ke tab Startup, lihat semua program yang tercentang, selanjutnya unthick atau click Disable All untuk membikin program itu tidak dibuka di saat netbook startup.

2. Memori Hard Disk Laptop Penuh

Banyakya data yang diletakkan sampai memory nyaris full atau bahkan juga full, dapat perlambat loading proses saat netbook dihidupkan.

Maka dari itu menyortir data yang penting diletakkan dan buang yang kurang penting perlu dilaksanakan.

Bila banyak data penting, seharusnya taruh back up nya dalam hardisk eksternal.

3. Laptop Lemot Karena Virus

Virus yang menyerang laptop bisa juga memunculkan beragam masalah. Mekanisme error serta lamban loading jadi salah satunya.

Virus dapat datang dari banyak sumber. Melengkapi laptop atau pc kita dengan antivirus yang paling baik dan tidak memperberat memory mekanisme laptop atau penyimpanan kemudian Scan secara periodik supaya laptop lancar saat dipakai.

4. File temporary terlalu besar

Hal ini muncul saat kita terhubung internet. Netbook atau computer kita akan simpan beberapa data ke folder temporary.

Saat file yang ini overload, karena itu dampaknya ialah perlambat performa netbook. Membersihkan selekasnya dengan memakai software ‘ccleaner’.

Anda dapat download softwarenya di http://www.piriform.com/ccleaner/unduh/standar

Lalu, install cleaner yang telah di unduh, membuka program ccleaner, click analyze dan nantikan sampai proses usai berjalan. Membersihkan file temp. dan click tombol run cleaner.

5. Terlalu Banyak Program Yang di Instal

Penyebab ini tergolong penyebab umum laptop lamban saat loading. Jumlahnya software yang kita install membuat laptop terbeban pertama kalinya dihidupkan.

Uninstall program yang tidak utama pada kontrol panel atau click disable supaya software installan tidak jalan saat laptop dihidupkan.

👉TRENDING:  Sentuhan Teknologi di Tempat Umum yang Mengundang Decak Kagum

Dari ke 5 penyebab diatas ada masih banyak penyebab yang menjadikan laptop kita terasa berat atau Loading Lama Saat Dihidupkan seperti adanya komponen hardware yang rusak atau windows rusak.

alangkah baiknya jika kalian secara berkala melakukan perawatan ringan atau cek kerusakan laptop atau membersihkan secara rutin agar laptop kita bisa awet digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.