5 Tips Memilih Pinjaman Online Yang Terpercaya dan Resmi

5 Tips Memilih Pinjaman Online Yang Terpercaya dan Resmi

Pinjaman online yang terpercaya? Beberapa waktu ini mulai banyak masyarakat yang melakukan pinjaman online, namun sayangnya banyak juga perusahaan layanan pinjaman online ilegal yang meresahkan dan bisa jadi mengandung unsur penipuan karena tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini banyak orang yang lebih memilih melakukan pinjaman secara online dibanding melalui bank karena prosesnya yang mudah dan cepat, dengan modal smartphone dan aplikasi yang terinstall Anda bisa mendapatkan pinjaman uang melalui pinjol.

Tips Memilih Pinjaman Online

Untuk Anda yang ingin melakukan pinjaman online, Anda harus melakukan beberapa tips memilih pinjaman online berikut ini agar terhindar dari perusahaan pinjaman online yang abal-abal dan berpotensi melakukan penipuan. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Mendapatkan Izin dan Dalam Pengawasan OJK

Hal yang paling utama sebelum Anda melakukan pinjaman online adalah memastikan bahwa perusahaan pinjaman online yang Anda pilih sudah mendapatkan izin dan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan akan memiliki nomor izin yang bisa di cek melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan pinjaman online yang sudah mendapatkan izin OJK lebih aman dan terpercaya karena sudah legal beroperasi di Indonesia.

  1. Mengecek Bunga Yang Telah Ditetapkan

Tips dalam memilih pinjaman online selanjutnya adalah Anda harus mengecek bunga yang dipatok sebelum terlanjur melakukan pinjaman. Di dalam aplikasi pinjaman online pastinya Anda akan diberitahu bunga yang akan ditetapkan, Anda harus memilih pinjaman online yang memberikan bunga rendah agar tidak memberatkan Anda saat ingin membayar tagihan tersebut.

Jika Anda tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu nanti bisa jadi Anda akan dibebankan oleh bunga yang besar sehingga memberatkan Anda saat ingin melakukan pelunasan.

  1. Membaca Syarat dan Ketentuan Dengan Teliti
đŸ‘‰TRENDING:   USDC Disebut Stablecoin? Apakah Dapat Diandalkan!? 2022

Tips selanjutnya Anda harus membaca syarat dan ketentuan dengan teliti, karena setiap aplikasi pinjaman online mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Ini penting sekali agar kedepannya tidak ada salah paham antara Anda dengan pihak perusahaan pinjol tersebut, bisa jadi kedepannya ada masalah yang ternyata itu dilakukan oleh Anda sebagai peminjam karena tidak paham dengan syarat dan ketentuan yang telah disetujui sejak awal.

Untuk itu, sebelum Anda melakukan pinjaman, diwajibkan untuk membaca syarat dan ketentuan dengan teliti dan apabila ada bagian yang Anda kurang paham atau kurang jelas bisa bertanya kepada customer service yang telah disediakan pada aplikasi pinjaman online tersebut.

  1. Mempunyai Layanan Konsumen Yang Baik

Perusahaan pinjaman online yang bagus umumnya mempunyai layanan konsumen yang baik, karena layanan konsumen sangat penting untuk membantu Anda saat mengalami kendala atau masalah agar cepat terbantu oleh customer service yang telah disediakan pada menu layanan konsumen tersebut. Selain untuk membantu Anda sebagai konsumen, adanya layanan konsumen menandakan jika perusahaan pinjaman online tersebut lebih aman dibanding pinjol yang tidak memiliki layanan konsumen.

  1. Meminjam Bukan Untuk Hal Konsumtif

Setelah melakukan semua tips di atas, Anda harus memikirkan apa alasan Anda melakukan pinjaman online, usahakan untuk kebutuhan yang memang penting dan mendesak, karena jika digunakan untuk hal konsumtif pastinya Anda akan melakukan peminjaman terus menerus dan belum tentu Anda dapat membayarnya. Untuk itu Anda harus melakukan pinjaman online dengan bijak, terutama digunakan sebagai hal-hal yang produktif yang bisa memberikan Anda keuntungan, seperti digunakan untuk modal usaha salah satunya.

Demikian tips memilih pinjaman online yang terpercaya dan resmi legal di Indonesia, semoga dapat bermanfaat.

đŸ‘‰TRENDING:  Daftar 10 Aplikasi Pinjol Syariah Terdaftar OJK

Leave a Reply

Your email address will not be published.