Cara Menulis Pidato Tentang Diri Anda 2022
source: google.com

Cara Menulis Pidato Tentang Diri Anda 2022

Cara Menulis Pidato Tentang Diri Anda 2022

Cara Menulis Pidato Tentang Diri Anda 2022 – Gunakan panduan ekstensif ini untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang memberikan pidato. Tidak seorang pun harus dilahirkan dengan kepercayaan diri dan karisma yang luar biasa untuk menjadi pandai dalam pidato, bahkan jika itu sangat membantu.

Selain itu, untuk menyampaikan pidato yang bagus, Anda harus menyiapkan versi tertulisnya. Jadi, tidak ada yang melewatkan langkah ini. Setelah itu baru berlatih sampai terasa pas. Dengan pengetahuan yang akan kami berikan dalam artikel ini, Anda bisa menjadi lebih percaya diri dan terampil dalam menulis pidato.

Kami juga akan memberikan contoh pidato persuasif agar Anda memiliki referensi yang jelas tentang apa yang dapat Anda tulis, jadi tidak perlu khawatir. Mari kita melalui langkah demi langkah ini.

Apa yang Kami Akan Sajikan

Jangan lewatkan apa pun dalam artikel ini jika Anda ingin membuat pidato pengenalan diri yang luar biasa tentang diri Anda yang menyampaikan pesan Anda dan meninggalkan dampak pada audiens Anda. Dampak yang Anda inginkan tentunya. 

Sebagai tambahan, jika Anda mencari bantuan menulis ahli melalui web, maka EssayPro adalah layanan penulisan makalah dengan ratusan penulis ahli yang siap untuk panggilan dan panggilan Anda. 

Selanjutnya, artikel ini akan membantu Anda dengan:

  • Membuat kerangka pidato
  • Untuk mempelajari apa yang harus dikatakan tentang diri Anda sendiri
  • Menulis pidato 2 menit
  • Menulis pidato persuasif
  • Belajar cara menulis dengan nada yang benar, serta belajar cara membuat hook yang menarik

Info ini akan sangat berguna jika Anda ingin membuat pidato pengenalan diri yang ditulis dengan baik tentang diri Anda. ‘

Apa Itu Pidato Pengantar? 

Pidato pengantar adalah pidato yang berbicara tentang diri Anda dan aspek-aspek tertentu dari diri Anda untuk membujuk orang banyak atau mungkin mencapai tujuan tertentu. Terlalu terbakar? Jika Anda membutuhkan seorang penulis untuk membantu Anda berpidato atau menulis esai definisi , maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengalihdayakan sebagian tulisan kepada seorang profesional.

Tetapi jika Anda memutuskan untuk menerima tantangan menulis pidato pengenalan diri, bagaimanapun juga, Anda harus ingat bahwa intinya adalah untuk mengomunikasikan siapa Anda kepada audiens Anda terlebih dahulu dan terutama. 

Mulailah Dengan Garis Besar 

Persiapan adalah kunci saat menulis pidato pengantar. Sebagai contoh, kami telah memberi Anda seluruh garis besar pidato yang berfokus pada pencapaian pribadi di tempat kerja dan sekolah. Tentu saja, isi pidato Anda dapat berubah tergantung pada konteksnya. Tetapi struktur dasarnya tetap sama. Ini dia:

👉TRENDING:  Salat apa saja yang bisa diqasar ! (Jawabannya)

Pengantar. Dalam intro, nyatakan informasi mendasar tentang Anda. Ini termasuk nama lengkap Anda, fakultas, keahlian, dan perguruan tinggi/universitas jika Anda menghadirinya. Gunakan pengait untuk membuat audiens Anda berinvestasi dalam apa yang Anda katakan.

Bagian Tubuh Informatif . Jika tujuannya adalah untuk membujuk dan menampilkan diri dengan baik melalui pencapaian pribadi, maka bagian tubuh harus sejelas mungkin. Anda dapat memulai dengan membicarakan:

  • Pengalaman dan pencapaian pribadi 
  • Pengalaman profesional, kehidupan kerja, dan pencapaian profesional, keahlian, dan spesialisasi Anda
  • Kegiatan sosial seperti relawan, kerja komunitas, amal, dll. 
  • Latar belakang pendidikan Anda 

Informasi Bonus. Sertakan info tentang keahlian, hobi, dan bahasa tambahan apa pun yang mungkin Anda gunakan.

Kesimpulan. Anda dapat menulis tentang tujuan, impian, dan ambisi masa depan di sini. 

Apa yang Dapat Anda Tulis Tentang Diri Anda dalam Pidato

Saat menulis dan menyampaikan pidato ‘semua tentang saya’ yang menarik, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyertakan hal berikut (jika sesuai dengan konteks): 

  • Menceritakan kisah pribadi tentang kehidupan dan pengalaman Anda
  • Menggunakan kutipan yang memotivasi dan menginspirasi. Hanya gunakan kutipan yang memiliki arti penting bagi Anda 
  • Mengajukan pertanyaan untuk lebih melibatkan audiens

Pidato mirip dengan analisis retoris , jadi Anda mungkin belajar satu atau dua hal dari membacanya. Selain itu, tidak ada satu cara untuk menjawab pertanyaan ‘bagaimana menulis pidato persuasif’, tetapi Anda dapat menyisipkan elemen-elemen ini di antara informasi tentang diri Anda agar tetap dinamis. 

Menulis Pidato Dua Menit Tentang Diri Anda 

Jika Anda ingin menulis pidato 2 menit tentang diri Anda, maka penting untuk menulis tentang apa yang penting karena waktu sangat terbatas. Jika Anda ingin menyegarkan tulisan Anda, tinjaulah jenis kalimat ini untuk meningkatkan daya ingat. Tapi jangan meregangkan diri terlalu kurus.

Mari kita lihat contoh cara menulis pidato. Katakanlah Anda sedang menulis pidato untuk kesempatan kerja. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda ingat tetapi juga dapat diterapkan pada konteks lain: 

  • Sebutkan pekerjaan Anda saat ini dan latar belakang pendidikan Anda, dan jangan lupa untuk membicarakan impian dan tujuan Anda.
  • Masuk ke detail. Sebutkan apa yang Anda lakukan dalam pekerjaan Anda dan pencapaian profesional Anda. Jangan samar-samar. Anda ingin memancarkan kepercayaan diri dan memberikan informasi konkret.
  • Bicara dengan antusias . Karisma terkadang terlihat dari jarak satu mil. Apakah menurut Anda seorang perekrut akan mempekerjakan pembicara yang monoton dan terlalu ragu-ragu daripada seseorang yang karismatik, tepat, dan antusias? 

Garis Besar Pidato Persuasif 

Pidato pengantar juga bisa persuasif, terutama jika Anda mencoba membuat audiens setuju dengan sudut pandang Anda. Itulah inti dari pidato persuasif – untuk membujuk. Jika Anda bingung, mulailah dengan garis besar pidato persuasif tentu saja. Ini bisa menyerupai ini:

  • Pendahuluan : Cantumkan hook, informasi tentang topik, dan perspektif yang ingin Anda bicarakan, lalu pukul audiens dengan tesis/klaim Anda.
  • Isi : Ekstrapolasikan poin-poin yang Anda buat di intro, seperti dalam esai. Mulailah dengan ide-ide utama, kemudian tindak lanjuti dengan bukti.
  • Kesimpulan : Nyatakan kembali ide/klaim utama yang Anda pilih. Nyatakan kembali argumen Anda, lalu tulis mengapa menurut Anda argumen Anda positif dan bernilai. Kemudian, tergantung pada konteksnya, panggil audiens untuk bertindak.
👉TRENDING:  Di bawah ini yang termasuk perilaku menghormati guru adalah (A)

Dan itu pada dasarnya menjawab pertanyaan ‘Bagaimana menulis kerangka pidato untuk membujuk?’. Jika Anda membutuhkan beberapa bahan inspirasi – Anda dapat mencari pembicaraan TED apa pun. Anda akan melihat bahwa mereka cenderung mengikuti struktur ini cukup sering. 

Pidato Persuasif Tentang Diri Anda 2022

Berbicara tentang contoh pidato persuasif, mari kita lihat contoh cara menulis pidato. Jika Anda membutuhkan lebih banyak referensi, gunakan referensi kami di bawah ini untuk menyempurnakan tulisan Anda. Ada baiknya untuk melihat referensi karena dapat dengan mudah membantu Anda dengan setiap blok individu dalam proses kreatif Anda.

Contoh Pidato Persuasif

Selamatkan Planet Kita—Amankan Masa Kecil Kita

Pidato Persuasif untuk Presentasi Bisnis

Perumahan Cetak 3D Adalah Penyelamat yang Kita Semua Tunggu

Kiat Langkah demi Langkah

Cara Menulis Pidato Tentang Diri Anda 2022
source: google.com

Kita sudah sejauh ini menjawab pertanyaan ‘Bagaimana cara menulis pidato tentang diri sendiri?’, dan bagi yang masih bingung – tidak apa-apa. Kami akan menguraikannya untuk Anda, sederhana dan jelas. Ikuti panduan langkah demi langkah kami, dan Anda akan mengatasi rintangan saat menulis apa yang Anda butuhkan. 

Dan pada catatan itu, untuk kesulitan menulis apa pun yang mungkin Anda alami, bantuan esai perguruan tinggi siap dan dapat diakses melalui klik mouse Anda. Jika beban Anda menumpuk, inilah saatnya untuk mendapatkan uluran tangan. 

Sekarang mari kita membaca panduan kami untuk membantu Anda mempelajari cara memulai pidato tentang diri Anda dan cara mengakhiri pidato tentang diri Anda. 

Nada Suara

Jangan lupa untuk menyesuaikan bahasa dan nada pidato Anda dengan konteks dan audiens. Kami telah mempelajari bahwa dalam pidato untuk perubahan dalam pendidikan atau peluang karier, yang terbaik adalah menjaga nada suara profesional dan menonjolkan pencapaian Anda. 

Namun, jika pidato pengantar adalah untuk bersulang, atau mungkin untuk membujuk khalayak umum, nada suara yang lebih dapat diterima dapat diterima. 

Tulis sebuah Kait

Sebuah kail harus menarik, menarik perhatian, kuat, dan menarik. Tujuannya adalah untuk menangkap penonton, jadi coba pikirkan sesuatu yang merongrong ekspektasi penonton. Misalnya, jika pidato Anda akan tentang diri Anda sendiri, jangan mulai dengan, “Nama saya Jeff.” Mulailah hal-hal dengan sesuatu seperti, “Saya selalu ingin berbicara di depan audiens dan membagikan apa yang penting bagi saya, dan inilah saya sekarang.”

Setiap kelas pidato membahas bagian pidato pengenalan diri ini dengan sangat rinci. Ini akan membantu Anda menangkap perhatian audiens. Dan begitu Anda memilikinya – Anda cukup emas. Setiap pidato adalah tentang menangkap perhatian audiens pertama dan terutama. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang hook, baca cara menulis hook .

👉TRENDING:  Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan sikap saling menghargai, Oleh karena itu diperlukan adanya (A)

Buat Garis Besar

Seperti yang telah kami nyatakan berkali-kali, pidato pengantar tentang diri Anda harus ditulis setelah Anda membuat garis besar yang solid. Garis besar merampingkan proses membuat pidato dan dapat membantu menghilangkan kabut otak apa pun serta memberi Anda arah. 

Tulis Pidato Anda

Sekarang setelah Anda memiliki garis besar, saatnya untuk menyatukan semua bagian dan menuliskannya. Dan begitu saja, Anda sudah setengah jalan. Dengan mengikuti apa yang telah Anda pelajari di seluruh artikel, bagian penulisan seharusnya menjadi lebih mudah. Luangkan waktu untuk menulis pidato Anda, mengeditnya, dan kemudian melanjutkan ke pidato berikutnya. Tetap di sekitar untuk melihat contoh bagaimana menulis contoh pidato persuasif.

Mulailah dengan pidato singkat pada awalnya. Beberapa kalimat akan lebih dari cukup. Anda kemudian dapat meningkatkannya, menambahkan beberapa kesalahan pada pernyataan pembuka, menyebutkan kehidupan profesional Anda, dan memanfaatkan poin-poin untuk membuat kesan yang lebih kuat. Pastikan untuk tidak kehilangan poin utama Anda, berikan hanya informasi yang relevan tanpa terlalu banyak menyimpang, dan gunakan kalimat sederhana untuk membuat kesan yang lebih kuat.

Anda juga dapat menggunakan beberapa petunjuk minimal untuk mendorong Anda ke arah yang benar. Draf kasar pertama Anda seharusnya tidak sempurna. Tetapi ketika Anda bergerak maju, itu harus menjadi lebih baik dan lebih baik dengan setiap revisi sampai Anda tiba di draf akhir Anda. Pidato pengantar membutuhkan banyak umpan balik terperinci untuk dipoles. Jalankan draf Anda oleh teman-teman Anda, dan lihat apa yang dapat mereka bantu. Ini akan menjadi titik balik dalam proses penulisan Anda. Pembicara publik terbiasa melatih pidato mereka beberapa kali sebelumnya.

Praktekkan! 

Saatnya krisis. Semua usaha, persiapan, penulisan, dan penelitian ide sampai pada titik ini. Meskipun ada orang yang pandai berimprovisasi, jangan ambil risiko jika Anda belum pernah berpidato sebelumnya. Sebaiknya bersiaplah. Menjadi siap dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri dalam apa yang Anda katakan. Bahkan jika Anda tidak pandai berbicara di depan umum – beginilah cara Anda membuatnya berhasil.

Jika Anda memiliki cukup waktu, Anda bahkan dapat mengambil kelas pidato. Ini akan membantu Anda lebih percaya diri berbicara di depan umum. Memberikan beberapa pidato yang lebih kecil juga dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Pidato pengenalan diri sebenarnya tidak terlalu sulit. Dan berbicara di depan umum bukanlah bakat, itu adalah keterampilan yang diperoleh. Jadi berusahalah untuk memperbaikinya.

Jika Anda masih mencari ide, berikut adalah beberapa ide pidato tentang saya yang dapat membantu dan mungkin masih memberi Anda lebih banyak wawasan tentang cara menulis pidato yang baik tentang diri Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.