Pentingnya Mangrove Pada Lingkungan Sekitar
source: google.com

Pentingnya Mangrove Pada Lingkungan Sekitar

Pentingnya Mangrove Pada Lingkungan Sekitar

Pentingnya Mangrove Pada Lingkungan Sekitar – Hutan bakau Florida memberikan perlindungan dari badai, pembibitan bagi satwa liar, dan rekreasi bagi manusia. Mangrove penting bagi manusia karena membantu menstabilkan ekosistem garis pantai dan mencegah erosi. Mangrove menyediakan infrastruktur dan perlindungan alami ke daerah berpenduduk terdekat dengan mencegah erosi dan menyerap dampak gelombang badai selama peristiwa cuaca ekstrem seperti angin topan.

Mereka juga penting bagi ekosistem juga. Akarnya yang padat membantu mengikat dan membangun tanah. Akarnya di atas tanah memperlambat aliran air dan mendorong endapan sedimen yang mengurangi erosi pantai.

Sistem akar bakau yang kompleks menyaring nitrat, fosfat, dan polutan lain dari air, meningkatkan  kualitas air yang  mengalir dari sungai dan sungai ke lingkungan muara dan  laut .

DEMONSTRASI PERLINDUNGAN MANGROVE (0:14) Tangki ombak ini menunjukkan bagaimana mangrove menghentikan aksi gelombang dan melindungi garis pantai selama gelombang badai.

Hutan bakau menangkap sejumlah besar emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya dari atmosfer, dan kemudian menjebak dan menyimpannya di tanah tergenang yang kaya karbon selama ribuan tahun. Ini adalah jasa ekosistem yang penting saat kita menghadapi  perubahan iklim . Karbon yang terkubur ini dikenal sebagai “karbon biru” karena disimpan di bawah air di ekosistem pesisir seperti hutan bakau, padang lamun dan rawa-rawa garam.

Mangrove adalah hutan ajaib tempat kita menemukan rahasia alam. Mereka mengangkangi hubungan antara darat dan laut dan alam dan manusia. Hutan bakau memelihara muara kita dan mendorong ekonomi berbasis alam kita.

ANNE BIRCH

Manajer Konservasi Laut, TNC Florida

KEONG DAN KERANG LAINNYA Spesies penting ini menyebut hutan bakau sebagai rumah mereka. © Ralph Pace

👉TRENDING:  Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al Quran dan hadist yang menjelaskan tentang kewajiban bekerja keras dan tanggung jawab dalam setiap aktivitas ! (Jawabannya)

IBIS PUTIH IBIS putih muda ini mencari perlindungan, perlindungan. dan peluang mencari makan di akar mangrove. © Ralph Pace

Hutan bakau juga menyediakan habitat dan perlindungan bagi beragam satwa liar seperti burung, ikan, invertebrata, mamalia, dan tumbuhan. Habitat muara dengan garis pantai bakau pesisir dan akar pohon seringkali merupakan wilayah pemijahan dan pembibitan yang penting bagi spesies laut remaja termasuk udang, kepiting, dan banyak spesies ikan olah raga dan komersial seperti redfish, snook dan tarpon.

Ranting-ranting bakau berfungsi sebagai tempat bertelur burung dan tempat bersarang bagi burung-burung pantai termasuk kuntul, bangau, kormoran, dan kuntul mawar. Di beberapa daerah, akar bakau merah ideal untuk tiram, yang dapat menempel pada bagian akar yang menggantung ke dalam air.

Spesies yang terancam punah seperti ikan hiu todak kecil, manatee , penyu sisik , Rusa Kunci dan macan kumbang Florida bergantung pada habitat ini selama beberapa tahap siklus hidup mereka.

Hutan bakau memberikan pengalaman alam bagi orang-orang seperti birding, memancing, snorkeling, kayak, dayung, dan ketenangan terapeutik dan relaksasi yang berasal dari menikmati waktu damai di alam. Mereka juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sebagai pembibitan untuk stok ikan komersial.

Pentingnya Mangrove Pada Lingkungan Sekitar
source: google.com

Ancaman terhadap Hutan Mangrove

Sayangnya, ada banyak tantangan yang membuat hutan bakau terancam. Dampak manusia seperti pengerukan, penimbunan, pencemaran air dari herbisida dan pembangunan dapat menyebabkan erosi mangrove dan perusakan habitat. Ketika hutan bakau ditebangi dan dihancurkan, mereka melepaskan sejumlah besar karbon dioksida ke atmosfer, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim .

Bagian penting dari upaya berkelanjutan kami untuk memulihkan habitat alami di Cagar Alam Blowing Rocks adalah restorasi bakau merah di garis pantai. Pentingnya penanaman bakau di cagar alam kita tidak dapat diremehkan, untuk membantu melindungi dan memulihkan harta Florida yang vital ini. TNC melanjutkan upaya perlindungan dan restorasi hutan penting kita , dari Panhandle hingga Keys, atas nama manusia dan alam.

👉TRENDING:  Di bawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali ?

Hutan bakau Florida mencegah kerusakan akibat banjir langsung senilai $1,5 miliar dan melindungi lebih dari setengah juta orang selama Badai Irma pada tahun 2017.

Manfaat Mangrove

Kami menerbitkan sebuah studi ilmiah dalam kemitraan dengan University of California Santa Cruz dan RMS yang mengukur efektivitas bakau dalam mengurangi risiko banjir bagi manusia dan properti. Studi ini menemukan bahwa mangrove secara signifikan mengurangi kerusakan tahunan dan bencana, dan merupakan garis pertahanan pertama yang kuat bagi masyarakat pesisir.

Studi, Menilai Manfaat Pengurangan Risiko Banjir dari Mangrove Florida, yang dipimpin oleh tim ilmuwan dari sektor teknik, asuransi, dan konservasi, menyimpulkan bahwa mangrove di Florida mencegah kerusakan akibat banjir langsung senilai US$1,5 miliar dan melindungi lebih dari setengah juta orang selama Badai Irma pada tahun 2017, mengurangi kerusakan hampir 25% di kabupaten dengan mangrove.

Dengan tantangan pesisir yang diciptakan oleh pertumbuhan populasi, pembangunan yang berkembang, dan perubahan iklim, risiko terhadap orang dan properti dari banjir dan gelombang badai meningkat. Mangrove memberikan perlindungan banjir dan manfaat pengurangan risiko yang berharga bagi wilayah pesisir ini, namun merupakan spesies yang terancam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.