Kelebihan Dan Kekurangan Gojek PayLater

GoPayLater Gojek PayLater Review Kelebihan dan Kekurangannya

Gojek masuk ke dunia PayLater dengan feature GoPayLater. Gojek sendiri telah populer sebagai super app dan menjadi satu diantara service yang terbanyak dipakai oleh warga di wilayah perkotaan. Lalu seperti apakah feature sistem pembayaran ini?

GoPayLater Gojek Paylater Adalah?

PayLater Gojek (GoPayLater) ialah sistem pembayaran yang dapat dijangkau di program Gojek untuk pemesanan service seperti GoFood, GoRide, GoSend, GoBills, GoPulsa atau GoTix. Cuman service yang disebut itu, pemakai bisa nikmati sistem pembayaran PayLater punya Gojek itu.

Dalam dokumentasi aplikasinya pada point 1.1 Persyaratan dan Ketetapan PayLater, diterangkan jika PayLater ialah feature dalam program yang dapat dijangkau oleh pemakai sebagai pemberian sarana utang berbasiskan tehnologi info di mana service ini disiapkan oleh pemberi utang untuk pemakai dengan Findaya (PT Mapan Global Reksa) sebagai faksi pelaksana utang P2P.

Dapat disebutkan jika feature PayLater ini sebagai utang bersama yang diberi untuk pemakai Gojek tertentu lewat perusahaan yang namanya Findaya, pelaksana utang P2P yang sudah tercatat dan dipantau oleh Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.

Sesuai namanya, pemakai Gojek dapat nikmati slogan “belinya saat ini, bayarnya kelak “.Pembayaran ini berlaku untuk transaksi bisnis produk dan service Gojek, diantaranya GoFood, GoRide, GoCar, GoPulsa, GoT beberapaya dan agihan.

Disamping itu, pemakai bisa juga memakai sistem pembayaran ini untuk beberapa jenis pembayaran di luar ekosistem Gojek secara credit, diantaranya di program MyTelkomsel, program reksa dana Tanamduit, cafe, atau merchant off-line tertentu.

Karena GoPayLater sebagai salah satunya program paylater terbaik di tanah air, karena itu calon pemakai perlu membaca ulasan komplet berdasar test yang kami kerjakan.

Apakah Semua Kalangan Bisa Menggunakan Gojek PayLater?

Sama dengan Shopee PayLater, tidak semuanya orang dapat nikmati service sistem pembayaran Gopay Paylater. Dalam kata lain, Anda yang tertarik sekalinya belum pasti dapat ajukan diri sebagai pemakai.

Cuman pemakai opsi Gojek yang dipandang penuhi persyaratan dan ketetapan dapat memakai service PayLater Gojek (GoPayLater) ini. Faksi Gojek yang mengirim undangan PayLater ke beberapa pemakai opsi mereka.

đŸ‘‰TRENDING:  5 Tips Memilih Pinjaman Online Yang Terpercaya dan Resmi

Tetapi bila Anda terhitung salah satunya pemakai tiap program Gojek, tidak ada kelirunya mengecek kembali data personal yang sudah Anda beri lewat program itu. Ini karena penyeleksian pemakai yang dapat terhubung GoPayLater ini kelihatannya ditetapkan oleh 2 hal, yakni

 

  • Klarifikasi data diri, mewajibkan account Anda diperkokoh dengan document identitas (KTP). Karena sama seperti yang kita kenali jika document seperti ini menjadi satu diantara persyaratan khusus dalam pengajuan utang P2P. Tidak tutup peluang Gojek dan Findaya memerlukan document ini agar bisa memberi servicenya ke Anda sebagai pemakai.
  • Intensif dan frekwensi transaksi bisnis Anda dalam service Gojek atau GoPay. Tidak tutup peluang juga undangan PayLater dikirimkan berdasarkan kegiatan Anda dalam program dan service Gojek.

 

Pengalaman dari menggunakan PayLater Gojek, proses klarifikasi jalan mulus dan lancar. Yakinkan data yang Anda beri benar supaya memudahkan proses yang berlaku.

Berapa Banyak Limit Gojek PayLater Yang Bisa Kita Dapatkan?

Limit atau batasan dalam feature Paylater ini dapat ditranslate sebagai batas paling tinggi pemakaian paylater yang dapat dipakai dalam transaksi bisnis setiap bulannya. Anda yang sukses lakukan pengaktifan account paylater, akan merasakan ada nominal saldo limit pada penampilan info akun.

Besaran limit pada PayLater Gojek berlainan pada setiap pemakai, dimulai dari Rp 250 ribu, Rp 500 ribu sampai Rp 3 juta. Angka ini kalah dibandingkan Shopee PayLater yang memungkinkannya pemakai mendapatkan limit sampai Rp 15 juta.

Jadi nominal itu jadi jumlah optimal Anda dapat belanja lewat PayLater /bulan. Dalam pemakaiannya, saldo limit ini akan dikurangkan dan masuk ke nominal bill yang perlu dibayar saat akhir bulan. Pemakai tidak dapat lakukan transaksi bisnis lain bila bill telah capai jumlah yang dapat ter-cover oleh limit.

Di bulan selanjutnya, sesudah pembayaran pelunasan pembayaran, Anda juga dapat memakai PayLater kembali sesuai nominal limit yang tercantum. Dan kembali lagi, kenaikan besaran limit didasari oleh pemikiran faksi Gojek bersama partner. Anda tidak dapat ajukan tambahan limit saat berasa nominal itu kekecilan untuk transaksi bisnis bulanan Anda.

Meski begitu, bisa jadi Anda memperoleh kenaikan limit berdasarkan bagaimana profile Anda. Kelihatannya kenaikan limit ini diperhitungkan lewat berapa kerap Anda lakukan transaksi bisnis dan keakuratan waktu dalam soal pelunasan. Makin baik perform Anda, bukan mustahil, limit untuk account Anda akan dipertingkat.

Biaya Apa Saja Yang Ada Di Gojek Paylater?

Dari sisi ongkos yang penting Anda pikirkan, Gojek kelihatannya mengaplikasikan proses yang kemungkinan dapat cukup membuat Anda tertarik. Mekanisme bunga dan denda yang ada pada service GoPayLater degan keterangan seperti berikut:

đŸ‘‰TRENDING:  7 Pinjaman Online Bunga Rendah 2022

1. Bunga GoPayLater Gojek PayLater

Anda sebagai pemakai tidak ditanggung bunga, alias bunga 0% sepanjang periode waktu pinjaman. Dalam kata lain, Gojek tidak membebankan bunga sepanjang periode waktu pinjaman. Ini kemungkinan dapat membuat beberapa calon pemakai berasa berminat untuk memakai feature service ini.

Tetapi harus Anda kenali jika tidak ada bunga, tidak berarti tidak ada ongkos admin. Jadi dapat disebutkan bunga ditukar dengan istilah ongkos berlangganan atau ongkos admin yang besarannya masih tetap (flat). Anda dikenai ongkos sejumlah 2.5-5% dari limit, atau mulai Rp 12.500 sampai Rp 25.000 tiap bulan lepas dari berapa saja nilai transaksi bisnisnya (sama sesuai batas limit).

Sebagai perjumpaan, ongkos ini tidak langsung dikenai pada bulan awal Anda memakai service GoPayLater ini. Disamping itu, Anda baru dikenai ongkos berlangganan ini pada bulan ke-2 cuman bila Anda lakukan transaksi bisnis memakai PayLater. Jadi jika pada bulan ke-2 Anda tidak lakukan transaksi bisnis PayLater, tidak ada ongkos berlangganan yang perlu Anda bayarkan.

2. Denda Gojek PayLater

Saat pembayaran Anda telah melalui jatuh termin alias terlambat, atau apabila sudah ganti bulan sementara bill belum dibayar, Anda masih mempunyai grace period. Periode waktu sepanjang 5 ini hari dapat Anda gunakan untuk selekasnya membayar bill untuk menghindar denda ketertinggalan. Denda pada service GoPayLater dihitung dalam pola harian.

Bila PayLater Gojek tidak dibayarkan, Anda akan dikenai denda harian sejumlah Rp 2000 dan terus akan semakin bertambah bersamaan jumlah hari ketertinggalan pembayaran. Besaran denda akan dikumpulkan sampai Anda membayar bill dalam jumlah optimal yang tidak melewati nilai transaksi bisnisnya.

Gampangnya bisa diterangkan lewat contoh berikut ini:

 

  • Anda melakukan transaksi GoPaylater senilai Rp 30.000
  • Biaya langganan senilai Rp 12.500
  • Telat bayar selama 17 hari

Grace period sepanjang 5 hari, jadi keseluruhan hari terkena denda ialah 17 hari – 5 hari = 12 hari Denda sepanjang 12 hari x Rp 2.000 = Rp 24.000

  • Sehingga total bayar seharusnya adalah Rp 30.000 + Rp 12.500 + Rp 24.000 = Rp 66.500

Tetapi yang penting Anda bayar ialah Rp 60.000 karena nilai optimal bill tidak melewati nilai transaksi bisnis (Rp 30.000 + Rp30 000). Keseluruhan bayar Rp 60.000 sebagai dari hasil nilai utang (Rp 30.000) ditambahkan bill untuk ongkos berlangganan ditambahkan denda yang tidak melewati nilai utang (Rp 30.000).

Apa Saja Kelebihan Gojek PayLater

Menurut pengalaman pembakaian, berikut kelebihan GoPayLater dibandingkan pesaingnya:

1. Bunga Yang Diberikan Relatif Kecil

Bunga 0% dikompensasi dengan ongkos berlangganan yang dikenai sekali satu bulan, lepas dari berapakah kali transaksi bisnis yang sudah dilakukan pemakai. Maka ongkos berlangganan yang memiliki sifat flat masih tetap dikenai 1 kali walau pemakai lakukan transaksi bisnis capai limit sampai 3x sekalinya. Pemakai masih tetap bayar ongkos berlangganan sejumlah Rp 12.500 dalam satu bulan, dan bukan Rp 12.500 x 3 pada bulan yang sama.

đŸ‘‰TRENDING:  Resiko Tidak Membayar Shopee PayLater

Ini berlainan dengan Shopee PayLater yang mengaplikasikan mekanisme bunga, sementara PayLater Gojek mengaplikasikan mekanisme langganan.

2. Ada Fitur Grace Periode

Sebagian besar service utang online tidak tawarkan grace period atau periode tenggang ke beberapa pemakainya. Ini bisa saja pemikiran yang lain memberikan keyakinan calon pemakai karena selainnya dapat kurangi denda ketertinggalan, bermanfaat untuk memperhitungkan hal yang tidak tersangka pada awal bulan.

3. Ada Fitur Menentukan Limit

Ya, walau pemakai tidak dapat tingkatkan limit yang mereka peroleh, rupanya di awal pembikinan account ada opsi untuk tentukan limit. Maka pemakai dapat memprediksi berapakah nilai limit yang bagus untuknya sesuai nominal limit yang ditawari oleh Gopay.

Apa Saja Kekurangan Gojek PayLater?

Selainnya mempunyai kelebihan, GoPayLater mempunyai kekurangan yang kami jumpai selama saat melakukan uji coba menggunakan gojek paylater:

1. Tidak Semua Kalangan Bisa Mendaftar GoPatLater

Sayang, cuman pemakai Gojek tertentu saja yang hendak disaring oleh faksi Gopay. Jadi pemakai Gojek yang tidak terima undangan, kemungkinan perlu mengecek aplikasinya sekerap mungkin.

2. Pilihan Limit Kisaran 500 Ribu

Walau ada opsi, sayang pemakai harus juga runduk dengan pilihan yang dijajakan. Opsi limit yang dapat diperhitungkan oleh pemakai rerata berada di range Rp 500.000. Walau tidak dapat ajukan kenaikan limit, tidak tutup peluang limit dapat bertambah bersamaan waktu.

3. Denda Bisa Cukup Tinggi

Melalui periode tenggang, pemakai akan dikenai denda sejumlah Rp 2.000 setiap hari. Nominal ini kemungkinan berkesan kecil. Tetapi bila dihitung kembali, dengan utang (sama sesuai limit misalkan) Rp 250.000, dan denda Rp 2.000, karena itu nila bunga ini ialah 0,8% sama dengan rerata tingkat bunga dari service utang online pada umumnya.

4. Pelunasan Harus Full

Satu perihal kembali yang penting Anda kenali ialah pembayaran pelunasan pembayaran bill GoPayLater ini tidak bisa dicicil. Maka Anda harus membayar sama sesuai keseluruhan bill sepenuhnya.

Berdasarkan test yang kami kerjakan, service PayLater Gojek pantas dikatakan sebagai salah satunya yang terbaik di ranah PayLater. Bersama service dari Shopee dan Traveloka, ke-3 nya pantas diperhitungkan oleh pemakai. Dengan tidak beroperasinya OVO PayLater, basis dari Gojek ini dapat Anda pikirkan.

Dengan semua keunggulan dan kekurangannya, GoPayLater masih tetap dapat disebut bersaing dibandingkan service semacam yang banyak muncul terakhir ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.