Taktik Lari Cepat untuk Marathon dan Lari Jarak Menengah
source: google.com

Taktik Lari Cepat untuk Marathon dan Lari Jarak Menengah

Taktik Lari Cepat untuk Marathon dan Lari Jarak Menengah – Lintasan 5000 yang merupakan salah satu ambang batas paling penting yang harus diatasi bagi pelari pemula, sebenarnya berkaitan langsung dengan tingkat kebugaran . Setelah Anda berhasil berlari 5 ribu meter, tujuan kami sekarang adalah mengurangi waktu menit demi menit, bahkan detik demi detik. Siapa tahu, bahkan bisa mencapai level bisa lari maraton setelah titik tertentu. Tetapi pertama-tama, kami memiliki beberapa saran untuk meningkatkan kinerja 5000 kami dan mengurangi waktu berjalan menjadi 30 menit dan kemudian di bawah 25 menit Ini semua tentang tetap terkendali dan mengatur jadwal lari yang baik. 
Taktik Lari Cepat untuk Marathon dan Lari Jarak Menengah
source: google.com

1. Biasakan lari

Topik kami mungkin pada dasarnya adalah untuk mengatasi jalur 5.000 meter, tetapi ini tidak berarti bahwa kami akan berlari 5K sepanjang waktu. Karena tujuannya di sini adalah untuk meningkatkan level aerobik kami, Anda dapat melatih tingkat ketahanan dan masalah kecepatan Anda dengan menambahkan lari jarak menengah yang berbeda seperti 7.500 /10.000 atau 2.000 meter ke dalam program lari cepat.

2. Pertimbangkan latihan intensitas tinggi

Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke tempat latihan lari cepat pada hari-hari tertentu dalam seminggu agar bisa berlari 5 ribu meter lebih cepat , latihan singkat dengan intensitas tinggi bisa menjadi teman baru Anda . Jika Anda dapat beristirahat secara efektif setelah latihan yang direncanakan dengan latihan intens seperti sprint jarak pendek, sesi bersepeda cepat, tingkat daya tahan Anda akan meningkat seiring dengan kapasitas kardiovaskular Anda.

3. Jangan terus-menerus mencoba mencetak waktu terbaik

Jika Anda ingin lari cepat, belajarlah berlari perlahan-lahan. Lari ringan adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan tingkat kebugaran Anda . Jika jenis latihan ini dilakukan secara rutin, maka akan memberikan efek positif bagi tubuh Anda untuk sembuh dan berlatih lebih sering.

4. Tingkatkan detak jantung Anda

Jika Anda ingin lari cepat dan jarak yang lebih jauh, Anda dapat melakukannya dengan mendorong batas Anda secara terkendali. Lebih fokus pada upaya yang Anda lakukan, bukan kecepatan larinya . Taburkan segmen lima menit dengan kecepatan tinggi di antara lari panjang Anda dan tingkatkan interval ini menjadi 10 menit dari waktu ke waktu.

5. Cobalah jalan setapak yang sedikit landai

Taktik Lari Cepat untuk Marathon dan Lari Jarak Menengah
source: google.com
Gunakan jalur yang sedikit lebih miring atau bahkan lebih curam daripada jalur lurus dan terkontrol. Fokus pada otot-otot kaki Anda selama berlari dan rasakan ketegangan dan rasa terbakar seolah-olah Anda sedang melakukan sesi latihan beban atau jongkok . Bagi seseorang yang telah menyelesaikan lari 5.000 meter di jalur miring, berjalan di jalan yang lurus akan terasa seperti permainan anak-anak.

6. Kaki yang kuat = Langkah cepat

Ketika berbicara tentang sprint, hal yang paling penting untuk dibicarakan adalah kaki yang kuat. Jika Anda ingin berlari 5 ribu meter dengan kecepatan yang baik, membuat kaki Anda bugar harus menjadi salah satu tujuan pertama Anda. Betis yang kuat dan bagian belakang lutut akan menjadi sahabat Anda, terutama di medan yang landai. Pergi ke gym dan fokus pada gerakan kaki.

7. Pilih rute yang berbeda

Berlari di lapangan dan lereng yang berbeda seperti aspal, beton, kerikil, tanah alih-alih lintasan lari cepat yang terkontrol akan meningkatkan ketahanan dan kemampuan Anda. Mampu lari cepat dalam segala macam kondisi juga membuat Anda siap menghadapi situasi tak terduga yang akan Anda hadapi di masa depan . Anda belajar bagaimana menggunakan energi Anda di lingkungan yang berbeda.

8. Sedikit kafein sebelum balapan bisa jadi bagus

Jika Anda ingin menunjukkan kinerja terbaik Anda dan mengurangi tingkat kelelahan Anda pada hari berlari, ingatlah bahwa beberapa kafein sangat cocok untuk pekerjaan ini. Metode ini, yang disukai oleh banyak atlet profesional, pasti akan membantu Anda. Kopi, Red Bull , atau permen karet kafein mungkin berguna.

9. Jangan lewatkan cuaca bagus untuk berlari

Jika Anda berlari dalam kondisi musim dingin atau dalam cuaca mendung dan Anda menyadari bahwa performa lari Anda menurun, jangan berkecil hati. Udara dingin dan lantai es akan melelahkan tubuh dan paru-paru Anda saat bernapas, tetapi Anda akan terkejut bagaimana Anda akan meroket saat cuaca cerah.

10. Libatkan teman Anda

Tidak ada aktivitas olahraga yang tidak akan dipermanis oleh sedikit kompetisi. Misalnya, pada hari Minggu, ajak teman-teman Anda untuk bergerak dan lakukan sedikit jogging di mana yang kalah akan membeli sarapan. Jika Anda sudah mulai menikmati kompetisi, Anda siap untuk membawa karir lari Anda ke level selanjutnya.
👉TRENDING:  9 Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami Tanpa Efek Samping

Leave a Reply

Your email address will not be published.