9 Langkah Budidaya Pohon Anggur
source: google.com

9 Langkah Budidaya Pohon Anggur

Langkah-Langkah Budidaya Pohon Anggur

Langkah-Langkah Budidaya Pohon Anggur – Anggur, yang merupakan buah yang sangat bergizi dan sehat, tumbuh di pohon anggur. Produk seperti molase, cuka, bubur buah dan anggur diperoleh dari anggur. Daunnya juga digunakan dalam pembuatan bungkus daun, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari masakan Mediterania.

Apa Itu Pohon Anggur? Informasi Tentang Pohon Anggur

9 Langkah Budidaya Pohon Anggur
source: google.com

Ada banyak jenis pohon anggur. Yang paling terkenal di negara kita adalah tanaman merambat yang ditanam untuk mendapatkan buah anggur. Budidaya anggur adalah bisnis yang sangat melelahkan dan rumit. Untuk mendapatkan buah anggur yang berkualitas, banyak proses seperti pemangkasan, penyemprotan, pemupukan, pengairan, cangkul harus dilakukan tepat waktu dan benar.

karakteristik pohon anggur

Ketinggian pohon anggur tidak terlalu tinggi. Tetapi cabang-cabangnya dapat menyebar ke area yang luas. Arbors dapat dibuat dari tanaman merambat karena cabang tumbuh dengan membungkusnya di sekitar pohon lain atau benda serupa.

Kapan Menanam Pohon Anggur?

Pohon anggur dapat ditanam di akhir musim gugur atau awal musim semi. Akan lebih tepat untuk menanamnya di bulan-bulan musim semi ketika tanah mulai menghangat di iklim dingin.

 

Dimana Pohon Anggur Tumbuh?

Pohon anggur menyukai iklim yang hangat. Ini tahan kekeringan. Terutama tanaman anggur anggur kekeringan Dapat dikatakan bahwa itu lebih tahan terhadapnya. Hujan di musim panas dapat merusak buah anggur. Itu juga membutuhkan suhu tinggi agar cukup matang. Untuk alasan ini, tempat-tempat dengan iklim kontinental di mana musim panas yang panas dan kering cocok untuk pohon anggur. Pohon anggur tumbuh berlimpah di negara-negara Afrika yang panas, Turki, dan Australia.

 

Bagaimana Menumbuhkan dan Memangkas Pohon Anggur?

Daun, kecambah, cabang dan bahkan tanaman merambat perlu diencerkan pada waktu yang diperlukan untuk menjaga tanaman merambat tetap sehat. Memangkas pohon anggur adalah pekerjaan yang sangat penting dan rumit. Dua jenis pemangkasan dilakukan sebagai pemangkasan musim panas dan musim dingin. Pemangkasan musim dingin dilakukan setelah tanaman merambat menggugurkan daunnya di musim gugur. Pemangkasan dilakukan agar tersisa 2-3 mata pada tanaman merambat. Tunas akan datang dari mata di atas. Dengan demikian, buah tahun depan terlindungi dari faktor-faktor seperti matahari dan angin. Jika terlalu banyak kuncup, akan banyak tunas dan buah yang menurunkan kualitas buah.

👉TRENDING:  CARA MENANAM LAVENDER DI RUMAH LANGKAH DEMI LANGKAH?2022

Bagaimana Cara Merawat Pohon Anggur?

Pohon anggur adalah tanaman yang membutuhkan perawatan rutin. Prosedur-prosedur seperti penyemprotan, pemangkasan yang teratur dan benar harus dilakukan, dan pengudaraan akar dengan mencangkul di bulan-bulan musim semi. Mungkin juga perlu disiram pada tahun-tahun ketika musim panas kering.Beberapa kebutuhan tanaman adalah bahwa tanaman merambat tidak terlalu dekat satu sama lain, mereka melihat matahari dan mereka mendapatkan cukup udara.

 

Apa Manfaat Pohon Anggur?

Anggur sangat kuat dalam hal nilai gizi dan aspek. Buah ini dikenal sebagai salah satu buah tertua. Ini adalah salah satu dari sedikit buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, pohon anggur memiliki buah yang berharga. Diketahui bahwa anggur baik untuk penyakit kardiovaskular, jenis kanker, kesehatan kulit, masalah sistem pencernaan, kesehatan mata dan diabetes. Ini juga memperkuat kekebalan dan melindungi orang dari banyak penyakit. Anggur mengandung banyak jenis mineral dan vitamin. Bahkan mengandung protein serta menjadi sumber energi yang baik. Bungkus daun, yang memiliki tempat khusus dalam masakan Mediterania, juga terbuat dari daun pohon anggur.

 

Apa itu Penyakit Pohon Anggur?

Salah satu hama anggur yang paling penting, yang disebut phylloxera, memakan akar dan daun tanaman merambat. Tumor pada akar dan daun merupakan tanda keberadaan hama ini. Ngengat cluster Eropa dan kutu kebul adalah hama paling umum lainnya. Penyakit seperti embun tepung, jamur kebun anggur, penyakit tinder, busuk hitam, jamur abu-abu adalah jenis penyakit yang paling umum pada pohon anggur. Tanaman rambat dapat terhindar dari penyakit dan hama dengan cara penyemprotan yang benar dan benar. Praktek-praktek seperti mengendalikan gulma di tempat-tempat di mana tanaman merambat, pemangkasan yang benar, memberikan jarak yang cukup antara pohon-pohon anggur, menghilangkan dan menghilangkan cabang dan buah yang sakit dalam waktu singkat juga efektif dalam memerangi penyakit. Kondisi umum tanaman merambat (makanan, air, berjemur, ventilasi) dapat mencegah penyakit. Berjemur dan ventilasi yang baik dapat mencegah penyakit ini.

Langkah-Langkah Budidaya Pohon Anggur

9 Langkah Budidaya Pohon Anggur
source: google.com

Langkah 1: Di mana tempat terbaik untuk menanam anggur? Jenis tanah apa yang akan digunakan?

Tanaman anggur harus ditanam di lokasi yang menerima sinar matahari penuh. Untuk alasan ini, tempat di rumah Anda yang menerima sinar matahari penuh akan diperlukan. Jika Anda tidak memiliki tempat di taman yang mendapat sinar matahari sepanjang hari, pilihlah tempat yang mendapat sinar matahari pagi. Sedikit naungan di sore hari tidak akan mempengaruhi kesehatan tanaman secara signifikan. Tanah yang ideal untuk menanam anggur harus dikeringkan dengan baik, gembur dan dalam. Area tersebut juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Ketika Anda memilih tempat dengan sirkulasi udara yang baik di kebun Anda, tanaman anggur Anda akan tumbuh dalam waktu yang sangat singkat.

👉TRENDING:  BERHASIL! Tips Budidaya Jamur Tiram 2022

Langkah 2: Bagaimana anggur ditanam? – Memberikan dukungan

Pohon anggur harus dilatih ke atas menggunakan beberapa dukungan. Hal ini penting untuk dilakukan karena memberikan sirkulasi udara yang lebih baik dan mengurangi risiko penyakit. Dukungan pohon anggur harus ada sejak fase penanaman. Segera setelah pohon anggur mulai menembak, itu akan meluas ke arah yang berbeda. Keadaan ini menyebabkan tanaman anggur menjadi tanaman dengan tunas yang berbeda ke segala arah setelah beberapa saat. Untuk menghindari situasi negatif ini, yang perlu Anda lakukan adalah memberikan dukungan dengan bilah kayu yang memungkinkan tanaman anggur tumbuh ke atas.

Langkah 3: Pemupukan tanaman anggur

Anda dapat melewatkan pemupukan tanaman pada tahun pertama, selama tanah tidak menjadi masalah. Dari tahun kedua pertumbuhan, Anda dapat dengan ringan menyuburkan pohon anggur. Jika Anda ingin tanaman tumbuh dan berkembang dalam waktu yang lebih singkat, Anda bisa melakukan proses pemupukan pada tahun pertama. Di sini pilihan sepenuhnya terserah Anda.

Langkah 4: Perawatan anggur – Mulsa

Sebarkan lapisan mulsa di sekitar pangkal pokok anggur untuk menjaga suhu yang merata di sekitar tanaman. Lapisan mulsa akan memastikan bahwa akar tanaman memiliki suhu yang diinginkan. Untuk alasan ini, Anda pasti harus melakukan langkah mulsa. Ketebalan lapisan mulsa minimal 5 cm.

Langkah 5: Menyiram pohon anggur

Saat menyiram tanaman anggur, hanya menyirami zona akar. Jangan menyirami daun atau batang tanaman anggur, karena kelembaban pada daun dapat menyebabkan berbagai penyakit tanaman anggur. Daun anggur akan mengambil air yang mereka butuhkan dari akar melalui saluran transmisi. Karena itu, Anda tidak boleh menyirami daunnya. Jika Anda membiarkan daunnya lembab, Anda dapat menciptakan habitat bagi serangga dan berkontribusi pada pembusukan daun.

Langkah 6: Tip pemangkasan anggur

Saat menanam anggur di teralis atau punjung, pastikan hanya ada satu tanaman per tiang. Jika ada lebih dari satu tongkat di pohon anggur, pilih yang lebih kuat dan biarkan tumbuh ke puncak tiang untuk tahun pertama. Saat tumbuh, Anda dapat menyematkannya ke pos. Saat musim dingin pertama tiba, pangkas tebu untuk mendorongnya menumbuhkan cabang samping dan memperpanjangnya di kedua sisi punjung. Jika Anda membiarkan tanaman merambat tumbuh tanpa pemangkasan, mereka akan menjadi lebih lebat dan memberikan banyak naungan tetapi sedikit buah. Pangkas tanaman merambat setiap musim dingin untuk menghilangkan tongkat yang menghasilkan buah tahun sebelumnya. Gagasan di balik pemangkasan adalah untuk memberikan sirkulasi udara ke tanaman. Saat memangkas, potong batang berumur satu tahun menjadi 5 atau 6 tunas. Sisakan beberapa batang peremajaan yang dipangkas menjadi 2 hingga 3 tunas. latihan pemangkasan, arahkan tongkat jarak pada kandang setidaknya 2 hingga 3 kaki terpisah dan singkirkan tongkat tipis atau lemah. Dengan begitu, ada cukup tongkat di punjung untuk berbuah di musim panas, tetapi tidak terlalu banyak sehingga tidak terlalu ramai dan berantakan.

👉TRENDING:  7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menanam Alpukat!

Langkah 7: Hama, penyakit dan masalah yang mempengaruhi kebun anggur

Kutu daun: Gejala kutu daun yang paling umum pada tanaman adalah daun yang menggulung, kerdil atau menguning. Mereka juga dapat mempengaruhi bunga dan buah-buahan. Menyemprotkan minyak nimba, pestisida, atau minyak hortikultura dapat menghilangkannya. Cara lain untuk menghilangkan kutu daun adalah dengan menyemprotkan campuran dua atau tiga tetes sabun cuci piring dan air. Semprotan air sabun harus diulang setiap dua minggu sampai serangan kutu berhenti.

Kumbang Jepang: Semprotkan neem segera setelah Anda melihat tanda pertama serangan. Sebagai alternatif, cobalah insektisida berbasis piretrin.

Jamur Tepung: Fungisida adalah solusi terbaik untuk embun tepung pada tanaman merambat. Mereka dapat digunakan sebagai obat pencegahan sebelum tanaman menjadi berjamur.

Busuk hitam: Busuk hitam, sejenis jamur, dapat dikendalikan dengan menyemprotkan fungisida berbahan dasar tembaga.

Ketidakmatangan Buah: Alasan utama mengapa buah tidak matang pada pokok anggur biasanya adalah kurangnya sinar matahari. Meremas beberapa daun untuk membiarkan cahaya masuk akan menyelesaikan masalah.

Langkah 8: Cara menanam anggur dari biji

Pertama, keluarkan biji dari buah anggur. Cuci untuk menghilangkan ampasnya. Keringkan kacang yang telah Anda cuci dengan bantuan kerudung.

Langkah 9: Perkecambahan biji

Rendam benih dalam air selama 24 jam. Kemudian, tanam dalam pot dengan tanah yang lembab. Tutup panci agar tetap lembab dan masukkan ke dalam lemari es. Biji anggur akan berkecambah dalam waktu 2-3 minggu. Biarkan bibit menjadi mapan sebelum memindahkannya ke pot atau tanah yang lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.