9 Cara Menggunakan LinkedIn Secara Efektif
source: google.com

9 Cara Menggunakan LinkedIn Secara Efektif

9 Cara Menggunakan LinkedIn Secara Efektif – LinkedIn adalah platform jaringan profesional terbesar di dunia. Ini juga salah satu jaringan media sosial paling berpengaruh, dengan 756 juta anggota. Anggota menggunakan situs ini untuk tetap berhubungan dengan rekan bisnis, klien, dan rekan kerja. Tapi itu bisa melakukan lebih banyak lagi – meningkatkan profil Anda, membangun kesadaran akan merek Anda, dan membantu Anda merekrut orang yang tepat, misalnya.

9 Cara Menggunakan LinkedIn Secara Efektif
source: google.com

9 Cara Efektif

1. Lengkapi Profil LinkedIn Anda

Profil Anda dapat menjadi bagian yang kuat dari merek pribadi Anda. Semua pengguna LinkedIn yang terdaftar akan dapat melihatnya (kecuali jika Anda mengaturnya ke mode pribadi). Anda juga dapat memiliki profil publik yang dapat ditemukan oleh mesin pencari eksternal, sehingga bahkan orang yang tidak terdaftar di LinkedIn dapat melihatnya.

Algoritme pencarian internal LinkedIn hanya menemukan profil yang berperingkat “lengkap”, dan ini bisa mendapatkan lebih dari 20 kali tampilan profil yang tidak lengkap. Oleh karena itu, penting untuk melengkapi milik Anda. Berikut adalah hal-hal penting yang perlu diingat:

  • Tambahkan foto diri Anda yang berkualitas baik, sebaiknya yang diambil oleh fotografer profesional. Terlihat cerdas, tersenyum, dan tidak ada gangguan dalam pengambilan gambar.
  • Buat profil Anda berkilau dengan menambahkan gambar latar belakang (terkadang disebut gambar “spanduk” atau “sampul”) yang mencerminkan kepribadian dan profesi Anda.
  • Sebutkan industri dan lokasi Anda di judul Anda. Anda memiliki hingga 120 karakter untuk ini.
  • Sertakan ringkasan singkat tentang siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan apa yang Anda tawarkan. Anda memiliki 2.000 karakter untuk dimainkan, tetapi Anda tidak harus menggunakan semuanya. Anda juga dapat menautkan, atau mengunggah, enam contoh karya Anda untuk membuat profil Anda berkilau.
  • Tambahkan posisi Anda saat ini dan jelaskan apa yang terlibat. Jadilah spesifik. Jangan katakan, misalnya, bahwa Anda adalah “komunikator yang hebat” – meskipun Anda adalah salah satunya! Sebaliknya, berikan detail keterampilan komunikasi Anda, dan contoh cara Anda menggunakannya. Sekali lagi, Anda memiliki 2.000 karakter.
  • Tambahkan riwayat pekerjaan Anda sebelumnya, detail pendidikan, dan setidaknya empat keterampilan atau bidang keahlian.

Tip:

Saat Anda menambahkan lebih banyak detail ke profil Anda, Anda dapat melacak kemajuan Anda dari “Pemula” hingga “Menengah” hingga “All-Star” menggunakan bilah Kekuatan Profil.

👉TRENDING:  Bagaimana Membangun Situs Web?2022

2. Kontak dan Terhubung Dengan Pengguna LinkedIn Lainnya

LinkedIn memungkinkan Anda untuk berjejaring dengan orang-orang dan organisasi profesional di industri Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap up to date dengan perkembangan terbaru, dan untuk berbagi informasi dengan orang lain di bidang Anda.

Anda dapat mengundang siapa saja untuk terhubung (dan menerima undangan mereka untuk terhubung dengan Anda), tetapi mereka harus memiliki akun LinkedIn sendiri untuk menggunakan situs tersebut.

LinkedIn menyimpan koneksi yang Anda buat ke daftar yang disebut Jaringan Saya. Saat Anda membuat koneksi baru, Anda mendapatkan akses tidak hanya ke profil orang itu, tetapi juga koneksi mereka yang tersedia untuk umum. Ini menjadi “koneksi tingkat dua” Anda. Ini membuka lebih banyak peluang jaringan, karena Anda kemudian dapat mengundang mereka untuk terhubung langsung dengan Anda.

Anda juga dapat memperkenalkan dua koneksi LinkedIn yang belum terhubung satu sama lain, tetapi yang mungkin mendapat manfaat dari melakukannya.

Tip:

Jumlah koneksi yang Anda miliki memengaruhi peringkat pencarian Anda di LinkedIn. Sebaiknya targetkan setidaknya 50 koneksi “tingkat pertama”.

3. Mulailah Berbicara!

Setelah Anda membuat koneksi di LinkedIn, fasilitas Pesan memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan waktu nyata dengan mereka. Fitur Status Aktif memberi tahu Anda koneksi mana yang online – perhatikan titik hijau di samping gambar profil mereka.

Dan fungsi Balasan Cerdas – respons kontekstual singkat yang dibuat secara otomatis (seperti “Jam berapa?” dan “Bagus, terima kasih!”) – dapat membantu menjaga percakapan Anda tetap cepat dan produktif.

Jika Anda memiliki akun Premium, Anda juga dapat menggunakan InMail. Ini memungkinkan Anda mengirim pesan pribadi ke anggota LinkedIn mana pun tanpa pengenalan sebelumnya atau informasi kontak tambahan.

4. Memberi dan Menerima Rekomendasi dan Pengesahan

Koneksi Anda dapat menulis “rekomendasi” untuk profil Anda, dan menawarkan “dukungan” keterampilan Anda, dan Anda dapat melakukan hal yang sama sebagai balasannya.

Rekomendasi adalah testimoni pribadi yang menekankan kemampuan profesional Anda. Bertujuan untuk mengumpulkan beberapa dari ini (antara lima dan 10 adalah “aturan praktis”) yang baik dengan meminta orang yang pernah bekerja dengan Anda untuk menulis satu untuk Anda.

Minta mereka untuk menyoroti atribut atau pencapaian tertentu yang membuat mereka terkesan, daripada membuat komentar umum seperti, “Bella menyenangkan untuk diajak bekerja sama.”

Pengesahan adalah pemberitahuan sederhana yang mengonfirmasi bahwa Anda memiliki keterampilan tertentu. Mereka mungkin tidak memiliki dampak rekomendasi yang ditulis khusus, tetapi jika koneksi mendukung Anda untuk keterampilan kepemimpinan Anda, misalnya, ini dapat membantu Anda menonjol dari keramaian.

👉TRENDING:  Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak

5. Gunakan Grup LinkedIn

Semua anggota LinkedIn dapat mengatur atau bergabung dengan grup untuk mendiskusikan ide dan berbagi berita industri. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan jaringan profesional Anda.

Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas halaman profil Anda untuk mencari grup yang menarik untuk bergabung, atau Anda dapat menemukan grup baru melalui grup yang telah Anda ikuti. Setelah menjadi anggota grup, Anda dapat bergabung dalam percakapan grup, mengajukan pertanyaan, dan mengirim pesan ke anggota lain.

Grup LinkedIn dapat menjadi sumber informasi, ide, dan dukungan yang berharga. Bagikan pengetahuan Anda dengan orang-orang di grup Anda, dan mereka kemungkinan akan merespons dengan baik.

6. Buat Konten Menarik Khusus untuk LinkedIn

Sama seperti jejaring sosial lainnya, Anda dapat memposting pembaruan teks sederhana, gambar, dan tautan ke situs lain, dan Anda dapat berbagi postingan dari pengguna lain. Tetapi pastikan bahwa postingan Anda bermanfaat, informatif, dan relevan dengan koneksi profesional Anda. Dan Anda mungkin ingin memoles keterampilan menulis Anda.

Anda juga dapat merekam atau mengunggah video langsung ke LinkedIn dari perangkat Anda. Ini memungkinkan Anda untuk berbagi wawasan dan pengalaman, atau untuk meningkatkan identitas merek organisasi Anda. Gunakan filter bawaan dan “stiker” untuk mencerahkan video Anda, dan menambahkan teks untuk orang-orang yang menonton tanpa suara.

LinkedIn juga memungkinkan Anda untuk mempublikasikan artikel lengkap, melalui Platform Penerbitannya. Artikel yang Anda tulis muncul di profil Anda. Mereka dapat dibagikan oleh pengguna lain, dan mungkin juga muncul di hasil mesin telusur, tetapi Anda tetap memiliki hak atas konten asli apa pun yang Anda terbitkan. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keahlian industri Anda.

SlideShare adalah pilihan lain untuk memberikan konten berkualitas tinggi. Itu tertanam ke LinkedIn, dan memungkinkan Anda untuk memposting presentasi dan infografis.

Tip:

Menambahkan hashtag ke postingan Anda dapat membantu konten Anda menjangkau lebih banyak pengguna. Ketik hashtag ke dalam bilah pencarian untuk mengetahui berapa banyak orang yang mengikutinya, dan untuk melihat jenis konten yang menarik minat mereka.

7. Temukan Karyawan Baru – dan Peluang Baru

Menurut angka LinkedIn sendiri , 20.000 bisnis di AS menggunakan situs ini untuk merekrut staf baru. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mencari orang-orang yang memiliki keterampilan dan pengalaman khusus yang Anda butuhkan di tim Anda. Bahkan dapat menggantikan iklan rekrutmen tradisional sepenuhnya, tergantung pada industri Anda dan posisi yang perlu Anda isi.

Fasilitas Pencarian Lanjutan memungkinkan Anda untuk mencari berdasarkan banyak kriteria yang berbeda: lokasi, perusahaan, bekas perusahaan, industri, bahasa, minat nirlaba, sekolah, dan tingkat koneksi.

👉TRENDING:  7 Manfaat Menggunakan LinkedIn

Paket Perekrut berbayar LinkedIn memberi Anda lebih banyak opsi, dan dapat membantu Anda mencari, memprioritaskan, menghubungi, dan mengelola daftar kandidat Anda. Pipeline Builder memungkinkan Anda untuk menghubungi calon rekrutan secara otomatis saat mereka mengunjungi LinkedIn, dan fasilitas Temukan Terdekat menargetkan kontak lokal.

Anda juga dapat menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan. Selain browsing iklan lowongan kerja, banyak orang menggunakannya sebagai alat penelitian. Misalkan Anda memiliki dua tawaran pekerjaan di atas meja, misalnya. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk mempelajari lebih lanjut tentang calon bos dan rekan kerja baru Anda, dan untuk merasakan budaya perusahaan organisasi.

Akun Karir Premium memungkinkan Anda untuk mencari peluang kerja yang sesuai dengan preferensi dan keahlian Anda dengan lebih efisien, dan untuk mengetahui siapa yang telah melihat profil Anda dalam 90 hari terakhir.

8. Tingkatkan Profil Organisasi Anda

LinkedIn dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda, merek perusahaan Anda, dan produk Anda. Itu dapat menceritakan kisah perusahaan Anda, juga. Lakukan dengan benar, dan Anda dapat menciptakan hubungan emosional yang berharga dengan calon pelanggan dan karyawan Anda.

Pertimbangkan untuk membuat halaman LinkedIn perusahaan, sehingga konsumen, klien, pemasok, dan karyawan baru dapat meneliti perusahaan Anda. Administrator halaman Anda juga dapat menggunakan analitik LinkedIn untuk mendapatkan gambar orang-orang yang mengunjungi halaman tersebut. Ini dapat membantu Anda untuk menargetkan konten Anda secara lebih efektif.

LinkedIn juga dapat menguntungkan organisasi Anda dengan cara lain. Anda dapat menggunakan situs ini untuk meneliti pesaing Anda, calon mitra, dan pemasok baru, Misalnya. Dan akun berbayar, Sales Navigator, juga memungkinkan Anda menjangkau calon prospek, dan melacak perubahan personel utama di industri Anda.

Tip:

Anda dapat mengintegrasikan LinkedIn dengan platform dan layanan lain – pembaruan LinkedIn Anda dapat diposting secara otomatis ke Twitter, contohnya. Jadi, pertimbangkan bagaimana penggunaan LinkedIn oleh organisasi Anda selaras dengan strategi media sosialnya secara keseluruhan.

9. Perhatikan Etiket Profesional di LinkedIn

Keberhasilan di LinkedIn bergantung pada pengembangan dan pemeliharaan reputasi yang baik. Ini berarti bahwa penting untuk tampil profesional setiap saat. Jadi, hindari memposting jenis materi pribadi yang mungkin Anda taruh di Facebook. Dan hindari menyebarkan rumor atau gosip – Anda tidak pernah tahu siapa yang akan membacanya.

Berhati-hatilah saat Anda meminta, atau membuat, perkenalan, dan lakukan hanya jika Anda yakin bahwa kedua belah pihak dapat memperoleh manfaat. Selalu perhatikan apa yang Anda katakan tentang organisasi Anda.

Dan terakhir, ingatlah bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik – hindari menjual diri secara berlebihan, dan jangan menyulam fakta ketika Anda mendiskusikan pencapaian Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.