Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak
source: google.com

Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak

Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak

Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak
source: google.com

Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak – Dimungkinkan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar anak-anak dengan beberapa latihan sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Pada artikel saya sebelumnya yang berjudul Pentingnya perkembangan motorik halus dan kasar pada anak. Singkatnya, perkembangan keterampilan motorik yang memungkinkan semua aktivitas fisik dalam tubuh kita berlangsung adalah bagian penting dari perkembangan anak. Semakin berkembang keterampilan motorik anak, semakin mudah mereka melakukan dan melaksanakan tindakan fisik. Sekali lagi, seperti yang akan Anda ingat dari artikel sebelumnya; Keterampilan motorik halus mempengaruhi fungsi bagian tubuh seperti tangan dan jari, sedangkan keterampilan motorik kasardi sisi lain, ia mengatur fungsi bagian-bagian tubuh seperti lengan, bahu, leher, dan kaki.

Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus dan Kasar

Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak
source: google.com

Motorik Halus

Keterampilan motorik halus adalah keterampilan motorik yang diperlukan untuk pengembangan tindakan seperti menyikat gigi, menggunakan alat makan, membuka tutup kotak, berpakaian, yang merupakan tugas perawatan diri, serta keterampilan berorientasi akademik seperti melukis, menulis, memotong, menempel dan menggunakan pensil.

Kegiatan yang Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus

Anda dapat membantu si kecil memperkuat keterampilan motorik halus mereka dengan memilih yang paling cocok di antara kegiatan motorik halus yang tercantum di bawah  ini.

  • Bermain dengan adonan buatan sendiri sangat bermanfaat untuk perkembangan motorik halus. Saat membentuk adonan dengan tangan mungil mereka, anak-anak mendapatkan pengalaman dalam mengatur otot tangan dan jari mereka dengan benar. Menggunakan beberapa cetakan adonan dapat memperkaya kegiatan ini.
  • Merangkai manik-manik pada tali membantu memungkinkan mereka mengembangkan koordinasi tangan-mata mereka.
  • Tindakan seperti menggambar garis lurus dan lengkung dengan pensil warna sesuai dengan usia anak, dan melukis bagian dalam gambar dengan batas luar tertentu memperkuat otot-otot halus tangan.
  • Itu termasuk dalam kategori permainan untuk perkembangan motorik halus; bermain di kotak pasir; Hal ini sangat berguna dalam hal memperkuat otot tangan dan jari serta meningkatkan koordinasi. Kegiatan seperti membuat bentuk dengan pasir basah, menggali lubang dengan pasir kering dan membawa pasir membantu anak mengembangka motorik mereka.
  • Tindakan memotong dan melipat kertas adalah kegiatan lain yang akan berkontribusi pada pengembangan keterampilan motorik halus.
👉TRENDING:  7 Cara Efektif Mengajar Bahasa Inggris Anak di Rumah

Motorik Kasar

keterampilan motorik kasar; Ini adalah kelompok keterampilan yang diperlukan untuk kinerja tindakan yang nyaman seperti berjalan, berlari, melompat, memukul. Perkembangan anak-anak dari semua keterampilan ini akan meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri mereka dan juga akan mendukung aspek akademik mereka.

Kegiatan yang Mengembangkan Motorik Kasar

Kegiatan yang Dapat Mengembangkan Keterampilan Motorik pada Anak
source: google.com

Kegiatan pengembangan motorik kasar dan  permainan untuk perkembangan motorik kasar yang tercantum di bawah ini adalah  kegiatan yang dapat kami rekomendasikan untuk pengembangan keterampilan motorik kasar anak Anda.

  • Mengajak anak mengangkat dan memutar benda yang tidak berat bagi mereka membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar. Alat sehari-hari seperti koper atau keranjang kosong di rumah dapat membantu Anda dalam hal ini.
  • Aktivitas seperti mencoba naik atau turun di lapangan yang landai , berjalan dengan ujung jari kaki dan tumit, mencoba berjalan pada garis lurus dengan menekan garis adalah beberapa aktivitas yang ditunjukkan di antara aktivitas motorik kasar.
  • Melompat dan melompat setelah tempat yang aman ditetapkan adalah aktivitas motorik kasar sederhana yang membantu anak-anak mengembangkan kelompok otot utama.
  • Memukul bola yang diam dengan tangan atau kaki , berusaha menangkap bola yang dilempar ke tanah atau di udara ketika sedang bergerak, berusaha memegang bola sebanyak mungkin dengan menggunakan tangan merupakan salah satu kegiatan yang mengembangkan tangan anak, otot lengan dan kaki serta termasuk dalam kategori permainan untuk perkembangan motorik kasar.
  • Latihan senam untuk menguatkan tubuh akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan motorik kasar pada anak. Jika memungkinkan, mengikuti kursus senam dan melakukan latihan senam di bawah bimbingan seorang ahli akan memberikan hasil yang lebih efisien.
  • Tarian dan aksi musik juga memungkinkan banyak otot bekerja di tubuh dan dengan demikian berkontribusi pada pengembangan keterampilan motorik pada anak-anak. Dalam pengertian ini, membuat anak-anak menyukai musik dan tarian adalah penting untuk penggunaan dan pengembangan keterampilan motorik yang lebih intensif.
  • Becak atau sepeda roda dua yang digunakan setelah anak mencapai usia tertentu memperkuat kemampuan motorik kasarnya.
👉TRENDING:  Rosyid bersama teman-temannya pergi tamasya ke Semarang, Mereka berangkat dari Jakarta pukul 05.30 (A)

Kebetulan, saya ingin mengatakan bahwa selain permainan dan aktivitas yang berkaitan dengan perkembangan motorik kasar yang tercantum di atas , Anda dapat menghasilkan aktivitas pengembangan motorik utama yang  menarik  dengan menggunakan kreativitas Anda sendiri.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, dalam pengembangan motorik halus dan kasar, hal-hal yang dapat kita capai dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari dan tindakan sehari-hari sangat penting. Sebagai orang tua, Anda harus secara teratur melakukan studi yang diperlukan, tergantung pada perkembangan anak Anda, pada perkembangan motorik halus dan kasar, yang berperan dalam semua aktivitas fisik anak Anda. anak mereka; Semua aktivitas yang mengaktifkan dari jari ke seluruh tubuh berkontribusi pada pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar. Dengan cara ini, kedua keterampilan perawatan diri anak akan berkembang dan mereka akan lebih lapar dan tidur lebih lama dengan menggunakan energi yang terkumpul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.