Apa Penyebab Gigi Bengkok, Bagaimana Cara Memperbaikinya?
source: google.com

Apa Penyebab Gigi Bengkok, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Apa Penyebab Gigi Bengkok, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Apa Penyebab Gigi Bengkok, Bagaimana Cara Memperbaikinya? – Saya berharap gigi permanen selalu lurus dan rata tanpa bantuan dokter gigi. Sayangnya bagi banyak orang, gigi bengkok adalah fakta kehidupan. Gigi yang tidak sejajar dapat memiliki banyak penyebab, termasuk kecenderungan genetik, malnutrisi, kebiasaan mulut, penyakit gigi dan kebersihan gigi yang buruk. Namun, ada banyak pilihan perawatan yang tersedia untuk memperbaiki gigi yang bengkok dan meningkatkan kepercayaan diri dan senyum pasien.

Apa Penyebab Gigi Bengkok, Bagaimana Cara Memperbaikinya?
source: google.com

Penyebab Gigi Bengkok

Satu teori di balik perlunya kawat gigi adalah perubahan antropologis dalam cara kita makan. Makanan lunak dalam diet modern tidak memerlukan banyak mengunyah, dan akibatnya rahang terlalu kecil untuk menampung semua gigi permanen.

Gigi terdiri dari dentin dan email, dan ukurannya ditentukan oleh genetika kita. Dulu gigi tumbuh agar sesuai dengan rahang lebar yang dimiliki manusia, tetapi sekarang perlu diluruskan karena tumbuh di rahang yang sempit.

Kaitan Antara Gigi Bengkok dan Kemiskinan

Menurut Kampanye Kesehatan Gigi dari American Academy of Pediatrics , orang-orang yang berisiko paling tinggi untuk gigi bengkok adalah mereka yang memiliki akses terbatas ke perawatan gigi dan nutrisi yang tepat. Kerawanan pangan pada masa kanak-kanak dapat menyebabkan perkembangan gigi yang buruk dan kerusakan gigi yang parah.

Kemiskinan, selain menimbulkan masalah estetika, kerap menimbulkan risiko kesehatan gigi. Tidak memiliki asuransi gigi dapat berarti bahwa kunjungan ke dokter gigi sangat jarang, dan karena pasien tidak mampu membayar janji pembersihan gigi secara teratur, mungkin tidak mungkin bagi dokter gigi untuk melihat gejala penyakit gusi atau infeksi pada waktu yang tepat.

👉TRENDING:  APA MANFAAT MINUM AIR LEMON?

Penyebab Gigi Bengkok Lainnya

Gen memainkan peran besar dalam mendapatkan gigi bengkok, tetapi kadang-kadang tidak adil untuk menyalahkan masa lalu kita untuk gigi bengkok. Genetik; gigi berjejal, ukuran atau bentuk yang berbeda dari rahang bawah dan atas, gigi yang hilang, gigi berlebih, dan perkembangan gigi atau langit-langit yang buruk mungkin bertanggung jawab atas kesejajaran gigi. Orang tua juga dapat mewariskan overbite kepada anak-anaknya, di mana gigi depan atas berada di depan gigi depan bawah, atau underbite, di mana gigi depan bawah terletak lebih ke depan daripada gigi depan atas, atau gigi atas terletak lebih jauh ke belakang. dibanding gigi bawah.

Namun, terkadang faktor eksternal dapat mempengaruhi perkembangan dan kesejajaran gigi. Untuk faktor eksternal tersebut, kita dapat menambahkan masalah yang mempengaruhi rahang seperti penyakit, cedera, gigi patah, pencabutan gigi dan pernapasan mulut karena pembesaran adenoid (gen) atau penyakit maksilofasial lainnya. Selain itu, mengisap ibu jari atau menggunakan dot dalam waktu lama juga dapat menyebabkan gigi bengkok.

Bagaimana Cara Memperbaiki Gigi yang Tidak Sejajar?

Dokter gigi dapat merekomendasikan perawatan ortodontik kepada anak-anak yang rahangnya terus tumbuh untuk memperbaiki gigi dan gigitan yang tidak sejajar . Gigi dan rahang tidak terjebak dalam satu posisi. Dengan tekanan konstan yang diberikan oleh kawat gigi serta peralatan ortodontik lainnya seperti ekspander palatal dan lingual bar (ditempatkan di permukaan lidah gigi), gigi dan rahang dapat perlahan kembali ke posisinya. Selain itu, rahang atas dapat diperbesar oleh dokter gigi dengan perawatan yang tepat.

Jika gigi sangat bengkok, ortodontis dapat memulai perawatan, jika perlu, menggunakan palatal expander untuk melebarkan rahang atas dan palang lingual untuk membuka rahang bawah. Langkah selanjutnya adalah menempelkan kawat gigi ke mulut pasien. Dengan penyesuaian teratur, kawat gigi secara bertahap memperbaiki posisi gigi. Akhirnya, setelah kawat gigi dilepas, dokter gigi mungkin meminta pasien untuk memakai retainer untuk menahan gigi pada posisi barunya.

👉TRENDING:  Ampuh!!! Cara Merawat Bibir Pecah-Pecah

Masalah Perawatan

Beberapa pasien mungkin khawatir tentang bagaimana kawat gigi mereka akan terlihat, tetapi kawat gigi modern tidak begitu terlihat seperti dulu, dan anak-anak dan remaja juga dapat bersenang-senang memilih dari pengikat berwarna (karet). Sebagai alternatif, pasien yang tidak ingin memakai kawat gigi biasa dapat memilih kawat gigi lingual yang hampir tidak terlihat atau pelurus gigi bening. Konsultasikan dengan ortodontis untuk perawatan yang paling tepat untuk kondisi Anda atau anak Anda.

Selain menurunkan rasa percaya diri, susunan gigi yang tidak tepat dapat menyebabkan nyeri sendi rahang dan juga menyulitkan untuk makan dan berbicara. Jika Anda memiliki gigi yang tidak rata, ada banyak pilihan untuk Anda. Pilihan yang terjangkau tersedia untuk semuanya, mulai dari pembersihan gigi sederhana hingga keputusan penting seperti kawat gigi. Bicaralah dengan dokter gigi Anda tentang kekhawatiran Anda dan pelajari cara meningkatkan senyum Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.