Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia
source: google.com

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia

Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia – Berapa lama kamu tidur tadi malam? Jika jawaban Anda ‘ kurang ‘, Anda tidak sendiri. Sepertiga orang mengalami kesulitan tidur dengan mudah. Apalagi, ketika Anda merasa tidak bisa tidur, Anda malah semakin kurang tidur karena merasa gugup. The Daily Mail telah menyusun cara sederhana untuk memutus lingkaran setan ini:

1- Mandi air panas

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia
source: google.com

Ini bukan hanya takhayul; Menurut penelitian, mandi air panas sesaat sebelum tidur membuat Anda lebih mudah tertidur. Alasan yang mungkin untuk ini adalah bahwa ketika ada sedikit penurunan suhu dalam tubuh, otak mulai tidur.

2- Makan camilan

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia
source: google.com

Anda dapat meningkatkan peluang tidur nyenyak dengan camilan dalam porsi kecil di bawah 200 kalori, seperti beberapa biskuit, sepotong roti, atau pisang. Karena dengan memakannya, Anda bisa menekan hormon lapar ghrelin, yang mengurangi tidur.

3- Sedikit matematika

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia
source: google.com

‘ Menghitung domba ‘ mungkin tidak sebodoh itu. Pasien insomnia tertidur lebih cepat ketika mencoba memecahkan masalah matematika dengan tingkat kesulitan rata-rata, menurut sebuah penelitian terhadap penderita insomnia dan orang yang tidur normal di Southern Illinois University. Jika Anda tidak mahir dengan angka, Anda juga dapat menggunakan permainan pikiran seperti menemukan kota atau negara yang dimulai dengan setiap huruf alfabet.

4- Berpikir positif

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia
source: google.com

Menurut sebuah eksperimen yang dilakukan di University of California, penderita insomnia lebih mudah tertidur ketika mereka terlibat dalam pikiran ‘ memilukan ‘. Dalam percobaan, pasien insomnia dibagi menjadi tiga kelompok; Kelompok pertama diminta untuk membayangkan diri mereka dalam lingkungan yang menyenangkan dan santai, dan kelompok kedua diminta untuk melupakan kekhawatiran mereka. Tidak ada rujukan yang diberikan kepada kelompok ketiga. Sebagai hasil dari percobaan, pasien insomnia terarah tertidur lebih dari satu jam, dalam waktu sekitar 40 menit jika mereka diminta untuk melupakan kecemasan mereka, dan hanya 20 menit jika mereka diminta untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan.

👉TRENDING:  9 Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami Tanpa Efek Samping

Jadi bagaimana Anda memberikan pikiran yang ‘ menghangatkan hati ‘? Ciptakan dunia fantasi yang menakjubkan di kepala Anda; Hindari pikiran yang terlalu menggairahkan atau membangkitkan gairah seksual. Sebaliknya, Anda dapat merencanakan liburan yang sempurna, membayangkan bagaimana Anda akan menghabiskan uang jika Anda memenangkan lotre, atau memikirkan malam yang menyenangkan.

5- Mulai menguap

Jika Anda berpura-pura mengantuk, Anda merasa lelah. Untuk memanfaatkan situasi canggung ini, biarkan kelopak mata Anda menutup dan lengan serta kaki Anda menjadi berat. Berbaring di tempat tidur seolah-olah Anda telah melewati hari yang panjang dan melelahkan di kantor. Menguap secara paksa sekali atau dua kali. Singkatnya, buat tubuh Anda percaya sudah waktunya untuk tidur.

6- Cobalah untuk tetap terjaga

Menurut sebuah eksperimen yang dilakukan di University of Glasgow, psikologi terbalik juga efektif pada mereka yang menderita insomnia. Satu kelompok yang berpartisipasi dalam eksperimen diminta untuk tetap terjaga selama mungkin, sedangkan kelompok kedua tidak diarahkan. Sebagai hasil dari percobaan, mereka yang mencoba untuk tidak tidur merasa kurang gugup ketika mereka pergi ke tempat tidur dan tertidur lebih cepat.

Jadi, jika Anda ingin tidur, usahakan tetap terjaga. Tetapi ingat bahwa Anda harus mengandalkan pikiran Anda saat melakukan ini: Anda diperbolehkan untuk tetap membuka mata, tetapi tidak membaca, menonton TV, atau berkeliaran di sekitar rumah.

7- Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda bangun tiba-tiba?

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia
source: google.com

Jika Anda tiba-tiba terbangun dan mengingat sesuatu yang harus Anda lakukan keesokan harinya, tulislah dan cobalah untuk kembali tidur. Tetapi jika Anda tidak bisa tidur lebih dari 20 menit, Anda harus bangun dari tempat tidur dan melakukan sesuatu yang tidak terlalu merangsang, menurut banyak ilmuwan. Banyak orang membaca buku atau majalah dalam situasi ini, tetapi para ahli menyarankan agar Anda terlibat dalam tugas-tugas yang bekerja dengan tangan dan juga otak Anda, seperti teka-teki gambar atau proyek seni. Sementara itu, apa pun yang Anda lakukan, hindari cahaya terang dan layar komputer.

👉TRENDING:  6 MANFAAT MINYAK ALPUKAT

8- Jangan panik

Apakah kamu masih bangun? Jangan khawatir. Bahkan jika Anda tidak bisa tertidur, bersantai saja baik untuk tubuh Anda. Alih-alih bertanya-tanya apakah Anda tidak bisa tidur, lakukan latihan relaksasi sederhana. Salah satu yang paling efektif dari latihan ini adalah meregangkan jari-jari kaki Anda selama 10 detik dan kemudian lepaskan. Lakukan hal yang sama pada kaki, lengan, tangan, tulang rusuk, bahu dan kepala; Anda mungkin tertidur sebelum giliran Anda.

9- Belajar dari sejarah

Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia
source: google.com

Asal usul bangun di malam hari terletak pada kebiasaan tidur pra-industri, mungkin sangat normal. Sebelum revolusi industri, banyak orang tidak tidur nyenyak di malam hari. Dia tidur selama empat jam; Sesekali dia bangun selama satu jam dan melakukan hal-hal seperti membaca, merokok, berdoa, mengobrol dan bahkan pergi ke tetangga; kemudian mereka jatuh ke dalam tidur empat jam baru yang dikenal sebagai ‘tidur kedua’.

Menurut beberapa peneliti, metode tidur tersegmentasi seperti itu bisa baik untuk otak. Karena waktu antara tidur pertama dan tidur kedua bertepatan dengan saat-saat ketika otak melepaskan hormon penurun stres prolaktin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.