SAKIT DI BELAKANG LUTUT | PENYEBAB, DIAGNOSIS, GEJALA, PENGOBATAN DAN SARAN
source: google.com

SAKIT DI BELAKANG LUTUT | PENYEBAB, DIAGNOSIS, GEJALA, PENGOBATAN DAN SARAN

SAKIT DI BELAKANG LUTUT | PENYEBAB, DIAGNOSIS, GEJALA, PENGOBATAN DAN SARAN

SAKIT DI BELAKANG LUTUT | PENYEBAB, DIAGNOSIS, GEJALA, PENGOBATAN DAN SARAN – Lutut adalah struktur anatomi kompleks yang harus menahan banyak tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Mencegah nyeri lutut sering kali tentang menyeimbangkan berapa banyak kapasitas yang Anda miliki dalam otot stabilitas yang terlibat. Ada banyak kemungkinan diagnosis untuk nyeri di belakang lutut, tetapi untungnya yang paling umum adalah otot yang tegang dan disfungsi pada persendian. Namun, ada beberapa diagnosis serius yang harus diwaspadai, antara lain gumpalan darah .

SAKIT DI BELAKANG LUTUT | PENYEBAB, DIAGNOSIS, GEJALA, PENGOBATAN DAN SARAN
source: google.com

Diagnosis yang dapat menyebabkan sakit punggung

Ada sejumlah diagnosis dan kemungkinan penyebab nyeri di bagian belakang lutut Anda – dan di sini kami akan membahasnya satu per satu.

Kram kaki: Salah satu penyebab paling umum sakit punggung

Kram kaki dapat terjadi karena disfungsi pada otot kaki – artinya otot terlalu kencang dan kemampuan penyembuhan alami serta sirkulasi darah berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kram di bagian tengah betis atau di atas betis, yang lebih dekat ke tempurung lutut. Jenis kram kaki ini bisa datang tiba-tiba dan sangat tajam. Rasa sakit biasanya hanya berlangsung beberapa detik atau hingga beberapa menit.

Penyebab umum kram kaki lainnya adalah:

  • pengeringan
  • infeksi
  • penyakit hati
  • racun dalam darah
  • masalah saraf

Juga umum bagi wanita hamil untuk mengalami kram kaki lebih sering selama kehamilan. Minum cairan secara teratur dan pijat sepanjang hari, bersama dengan peregangan otot kaki setiap hari, biasanya cukup untuk menghentikan sebagian besar kram kaki.

Tips: Jika Anda menderita kram kaki atau kram otot lainnya di siang atau malam hari, suplemen magnesium direkomendasikan .

👉TRENDING:  Tutorial Membeli Saham Untuk Pemula Inilah 5 Tips Terbaik

Kista Bakers (pembengkakan tertutup di belakang lutut)

Kista baker adalah akumulasi cairan yang dienkapsulasi di belakang lutut lutut yang menjadi dasar pembengkakan. Kista ini dapat menyebabkan nyeri lokal, disfungsi (karena membuat pembengkokan menjadi sulit), dan retensi cairan. Penting untuk dicatat bahwa kista Baker dalam banyak kasus disebabkan oleh iritasi meniskus atau kerusakan meniskus.

Kista Baker jenis ini bisa berukuran kecil dan sulit dideteksi pada tahap awal, tetapi seiring dengan pertumbuhan kista — karena lebih banyak cairan — ia memberi tekanan langsung atau tidak langsung pada struktur di dekatnya seperti otot, tendon, dan saraf, menyebabkan area tersebut menjadi terjepit.

Pada tahap selanjutnya, kista Baker mungkin seukuran bola tenis. Orang yang terkena diagnosis ini seringkali dapat memberikan tekanan pada bagian belakang lutut dan juga dapat memberikan dasar untuk perubahan sensorik jika kista mengiritasi saraf. Pengobatan kista Baker terutama bertujuan untuk meningkatkan kesehatan lutut dengan memperkuat stabilitas otot dan mengurangi beban benturan pada lutut.

Untuk informasi lebih lanjut: – Tendonitis atau CEDERA tendon?

persendian

Keausan sendi dan patah tulang rawan di sendi lutut dapat menjadi dasar untuk rasa sakit (dan bengkak) di bagian belakang lutut. Osteoarthritis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh keausan terkait stres yang dapat membuat sendi kaku dan nyeri. Kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri lutut adalah rheumatoid arthritis dan psoriatic arthritis.

Lutut 

Lari lutut adalah cedera berlebihan yang menyebabkan nyeri pada lutut dan di atas/belakang tempurung lutut. Sindrom nyeri patellofemoral terutama terkait dengan penggunaan berlebihan dari paha belakang (paha belakang) di belakang lutut – yang berarti bahwa pelari, pengendara sepeda, dan olahraga yang melibatkan banyak lompatan dapat sangat terpengaruh. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di belakang lutut.

Gejala pelari lainnya dapat meliputi:

  • lutut (tiba-tiba)
  • Kelemahan lutut dan kaki
  • Gangguan mobilitas lutut dan kaki
  • Retak dan suara saat menekuk lutut

cedera hamstring

Otot hamstring terletak di bagian belakang paha dan ke arah lutut – mereka bertanggung jawab untuk menekuk lutut. Cedera pada paha belakang dapat memengaruhi satu atau lebih otot di bagian belakang paha:

  • bisep femoris
  • semitendinosus
  • setengah memori
👉TRENDING:  GoPayLater Gojek PayLater Review Kelebihan dan Kekurangannya

Kerusakan otot seperti itu dapat terjadi karena beban atau ketegangan yang berlebihan. Ini bisa terjadi jika otot terlalu banyak diregangkan untuk fleksibilitas dan mobilitasnya. Atlet yang berlari dengan tiba-tiba dan sangat cepat—misalnya, pemain sepak bola—adalah mereka yang terkena jenis cedera susun ini.

Meniskus / cedera meniskus / pecahnya meniskus

SAKIT DI BELAKANG LUTUT | PENYEBAB, DIAGNOSIS, GEJALA, PENGOBATAN DAN SARAN
source: google.com

Meniskus adalah struktur tulang rawan yang sebagian bertanggung jawab untuk mengurangi dampak lutut. Tulang rawan ini bisa rusak karena gerakan memutar yang memberi tekanan pada area tertentu. Cedera meniskus dapat dibagi menjadi trauma (akibat cedera mendadak) dan meniskus degeneratif (keausan). Pada yang pertama, dalam banyak kasus suara (ledakan) dapat terdengar ketika terjadi kerusakan. Itu bisa berlangsung berhari-hari tanpa mengetahui rasa sakit yang disebabkan oleh cedera.

Cedera meniskus sering menyebabkan gejala berikut:

  • Gerakan lutut terganggu
  • Kelemahan dan kelelahan pada lutut dan kaki
  • bengkak di sekitar lutut
  • Lutut memberi jalan atau “terkunci”

Cedera meniskus traumatis mungkin perlu ditangani dengan pembedahan, tetapi dalam kasus cedera meniskus degeneratif, hal ini tidak direkomendasikan dalam pedoman klinis.

cedera ligamen anterior cruciatum

Ruptur/robek/cedera ligamen anterior dapat membuat lutut tidak stabil dan nyeri. Robekan ligamen cruciatum anterior bisa jauh melampaui stabilitas Anda. Artinya, ligamen anterior cruciatum bertindak sebagai penstabil internal di lutut dan tujuan utama ligamen adalah untuk mencegah hiperekstensi (terlalu jauh ke belakang) lutut. Cedera ligamen anterior cruciatum sering disebut cedera ACL setelah ligamen anterior cruciatum bahasa Inggris. Cedera ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung dan pembengkakan.

Seperti cedera meniskus, Anda sering dapat mendengar “suara klik” ketika jenis cedera ini terjadi. Robekan pada ligamentum cruciatum anterior biasanya tergantung pada pembedahan untuk sembuh.

Cedera ligamen cruciatum posterior

Robekan/robek/cedera pada ligamentum cruciatum posterior dapat membuat lutut tidak stabil dan nyeri. Pecahnya ligamentum cruciatum posterior dapat menyebabkan ketidakstabilan. Ligamentum cruciatum posterior bertindak sebagai penstabil internal di lutut dan tujuan utama ligamen adalah untuk mencegah lutut dari hyper-reflecting (terlalu jauh).

Trombosis vena dalam (bekuan darah di kaki)

Trombosis vena dalam adalah bekuan darah di vena dalam kaki. Mereka yang memiliki bekuan darah di kaki bagian bawah sering mengalami rasa sakit saat berdiri tegak, tetapi mungkin mengalami rasa sakit yang terus-menerus, sering kali di kaki belakang dan lutut.

👉TRENDING:  Pengalaman Kredit HP di Aplikasi AkuLaku

Gejala lain dari pembekuan darah:

  • Kulitnya kemerahan dan hangat saat disentuh
  • Pembengkakan lokal di daerah tersebut
  • Kelemahan dan kelelahan pada kaki yang terkena
  • Vena terlihat

Faktor risiko pembekuan darah termasuk obesitas, usia tua, merokok dan gaya hidup sehari-hari. Diagnosis ini memerlukan perawatan medis dan perubahan gaya hidup, karena gumpalan darah dapat larut dan menyebabkan stroke atau emboli paru, yang dapat berakibat fatal atau menyebabkan kerusakan permanen.

Pencegahan dan pengobatan sakit punggung

Perawatan untuk nyeri di belakang lutut akan tergantung pada penyebabnya. Anda tidak dapat mencegah penyebab semua jenis sakit punggung, tetapi Anda pasti dapat mengurangi risikonya dengan mengikuti tips berikut:

  • Bangun secara bertahap dalam hal pelatihan : Banyak cedera lutut terjadi karena seseorang terlalu bersemangat dan melakukan “terlalu banyak dalam waktu yang terlalu sedikit”.
  • Pertimbangkan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga: Luangkan waktu untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Istirahatkan lutut Anda setelah banyak ketegangan: Terkadang persendian dan otot dapat memperoleh manfaat dari sedikit istirahat dan kemungkinan hari pemulihan – terutama bagi mereka yang banyak berolahraga atau memberikan banyak kejutan pada lutut mereka. Anda juga dapat berolahraga sebagai alternatif dengan latihan yang tidak terlalu membebani lutut Anda – misalnya. dalam bentuk berenang atau yoga.
  • Kenakan sepatu yang bagus: Buang sepatu lama saat mulai usang dan pastikan untuk memakai sepatu berkualitas baik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bruk Jika Anda mengalami nyeri lutut terus-menerus, kompresi pakaian yang disesuaikan dengan lutut untuk merangsang peningkatan sirkulasi darah ke lutut.

Latihan dan Latihan untuk Nyeri di belakang Lutut

Menggunakan otot stabilitas di sekitar lutut dapat membantu tubuh meringankan tulang rawan, ligamen, dan tendon. Anda dapat menjaga sirkulasi darah dan elastisitas otot yang baik dengan memperkuat otot-otot di sekitar dan dengan melakukan latihan rentang gerak secara teratur – seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Kami menyarankan Anda untuk mencoba melakukan ini atau latihan serupa setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.