6 Cara Perawatan Bekas Luka
source: google.com

6 Cara Perawatan Bekas Luka

6 Cara Perawatan Bekas Luka

6 Cara Perawatan Bekas Luka
source: google.com

Bekas luka, luka bedah, luka bakar, pisau cukur atau perawatan bekas luka wajah

6 Cara Perawatan Bekas Luka – Bekas luka (scars) menimbulkan masalah estetika dan psikologis dalam kehidupan manusia.

Selalu ada permintaan untuk dimusnahkan karena mengingatkan trauma yang tidak diinginkan dan juga karena masalah estetika yang mereka ciptakan.

Perkembangan teknologi meningkatkan pilihan pengobatan dan tingkat keberhasilan dalam pengobatan yang mungkin terjadi karena kecelakaan, luka bakar, prosedur bedah sebelumnya atau trauma pada tubuh sendiri. Berapa banyak bekas yang tersisa, jenis sayatan, jenis alat pemotong, jenis trauma yang menyertainya, infeksi yang terjadi di daerah itu sesudahnya, intervensi pertama dan efektivitasnya, keberhasilan pengobatan orang yang membuat luka. perbaikan sayatan, dan yang paling penting, respons jaringan seseorang. Kami Ahli Bedah Plastik harus membuat bekasnya yang paling tidak terlihat. Ada berbagai pilihan perawatan, mulai dari menghilangkan jaringan parut bekas luka di area sayatan dan menjahitnya kembali dengan bahan jahitan yang sesuai, hingga perawatan laser, dengan metode yang kami sebut revisi bekas luka (scar treatment). Tujuan kami adalah meminimalkan bekas luka dan, jika mungkin, menyembunyikannya di garis dan lekuk tubuh. Namun perlu diketahui bahwa; Bekas luka tidak akan pernah sembuh tanpa kesalahan. Sedikit banyak luka tertinggal di setiap luka. Tugas kita adalah memastikan bahwa “sedikit jejak” tetap ada.

👉TRENDING:  Cara Mudah Mencegah Munculnya Kantung Mata

Apa jenis bekas luka yang paling umum?

Namun, bekas luka yang memerlukan operasi darurat, kecelakaan, penusukan, luka kaca dan silet, luka yang bertahan lama dan setelah operasi adalah kondisi yang paling umum.

Perubahan apa yang dapat terjadi pada luka sayatan dari waktu ke waktu?

Meskipun ada perbedaan reaksi jaringan seseorang terhadap luka, warna area jahitan, yang awalnya terlihat kemerahan dan sedikit bengkak, memudar seiring waktu dan pembengkakan berkurang. Pada beberapa pasien, jaringan penyembuhan terlihat di luar area jahitan dari waktu ke waktu, yang disebut bekas luka hipertrofik, dan dalam kasus yang lebih serius, ini disebut keloid.

Apakah bekas sayatan sembuh dengan cara yang sama di seluruh tubuh? Di area mana bekas luka yang tersisa lebih sedikit?

Di area di mana ketegangan tinggi, seperti lengan dan kaki, diharapkan akan ada lebih banyak luka di area bedah yang dijahit dengan tegang. Namun, ada beberapa daerah di mana lebih banyak jejak tetap ada karena sifatnya. Ada risiko tinggi bekas luka hipertrofik dan bekas terangkat dari kulit, yang kita sebut keloid, di beberapa area tubuh seperti wajah anterior dada (sternum), bahu, punggung, dan daun telinga. Lebih sedikit bekas luka yang tersisa di kelopak mata dan area genital.

Kapan waktu terbaik untuk memulai perawatan?

Keputusan ini akan dibuat pada akhir pemeriksaan oleh dokter spesialis. Untuk itu perlu direncanakan dan dibuat kalender tindakan awal dan akhir yang harus diterapkan sedini mungkin.

Bagaimana perawatan luka atau sayatan agar bekas luka menghilang?

Intervensi pertama pada luka atau sayatan sangat penting. Ini adalah permintaan setiap pasien untuk memiliki jahitan tanpa jaringan parut. Pertama-tama, luka harus dibersihkan dari benda asing dan tepinya harus disegarkan jika perlu. Benda asing di daerah sayatan harus dikeluarkan secara mekanis dan dengan pencucian saline yang banyak. Profilaksis tetanus dan, jika perlu, terapi antibiotik profilaksis dilakukan. Lapisan jaringan di daerah sayatan harus dijahit dengan rencana yang sesuai dan dengan bahan jahitan yang sesuai.Pemeriksaan pasca perawatan harus dilakukan secara teratur oleh dokter yang merawat. Jahitan harus dilepas pada waktu yang paling tepat. Karena kelebihan jahitan berarti lebih banyak peradangan (reaksi benda asing) dan lebih banyak bekas. Mengambilnya lebih awal membawa risiko pembukaan dan lebih banyak bekas luka. Faktor penting lainnya dalam mencegah bekas jahitan adalah perlindungan dari sinar matahari.

👉TRENDING:  WARNA LIPSTIK SESUAI WARNA KULIT DAN UNDERTONE KULIT

Apa langkah-langkah penting perawatan pada sayatan yang dirawat segera?

  1. Pertama-tama, jika memungkinkan, intervensi pertama yang benar oleh ahli bedah plastik,
  2. Berpakaian teratur dan tindak lanjut,
  3. Untuk melindungi area luka dari efek fisik, kimia dan matahari (matahari) selama minimal 12 bulan,
  4. Diet seimbang, hindari merokok,
  5. Bila perlu, krim, gel, dan pita yang mengandung silikon dapat digunakan,
  6. Perawatan laser juga merupakan instrumen yang kami gunakan untuk bekas sayatan.

Bagaimana pisau silet, pisau, dan bekas luka sayatan di lengan dirawat?

6 Cara Perawatan Bekas Luka
source: google.com

Ini dapat dihilangkan dalam satu sesi di  luka sayatan yang sesuai, dan secara bertahap (dalam beberapa sesi) di bekas sayatan yang tebal, membuatnya lebih dapat diterima dan bekas luka bedah lebih tidak jelas. Tindak lanjut dapat dilakukan dengan krim dan gel yang mengandung silikon. Pada beberapa pasien, kami memulai perawatan laser alih-alih operasi.

Apa saja yang termasuk dalam perawatan luka bakar?

Pertolongan pertama pada luka bakar sangat penting. Sayangnya, pembentukan bekas luka tidak dapat dicegah pada luka bakar yang dalam. Prinsip perawatan luka dan luka sayatan lainnya berlaku untuk luka bakar yang sesuai, tetapi untuk luka bakar yang luas dan dalam.

Kami menggunakan banyak teknik seperti perluasan jaringan, revisi bekas luka, pembukaan kontraktur, aplikasi flap lokal dan gratis.

Apakah luka laser akan hilang sepenuhnya?

Laser adalah salah satu instrumen teknologi terpenting kami dalam perawatan luka. Perawatan laser biasanya berlanjut selama lebih dari satu sesi. Dalam perawatan luka laser, harapan pasien harus dijaga pada tingkat yang realistis dan prosesnya harus dijelaskan kepada pasien secara rinci. Perlindungan matahari adalah salah satu peringatan utama setelah perawatan laser. Jumlah dan interval sesi dalam perawatan laser ditentukan oleh dokter.

👉TRENDING:  Belum bisa tidur? Berikut 9 cara untuk menghilangkan insomnia

Leave a Reply

Your email address will not be published.