Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
source: google.com

Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
source: google.com

Manfaat wortel sedang diteliti. Salah satu bahan salad yang sangat diperlukan, manfaat wortel bertanya-tanya. Jawabannya dicari apakah wortel yang enak sekaligus sangat bermanfaat itu baik untuk mata. Lantas, apa saja manfaat Wortel? Apakah wortel baik untuk mata? Berikut adalah vitamin dalam wortel

Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan – Wortel sering dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat. Telah dikatakan selama beberapa generasi untuk menjadi sangat baik untuk kesehatan mata. Rasanya gurih, renyah, dan sangat bergizi. Wortel adalah sumber beta-karoten, serat, vitamin K, potasium, dan antioksidan yang sangat baik. Wortel memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Antioksidan karoten di dalamnya juga terkait dengan penurunan risiko kanker. Mereka tersedia dalam berbagai warna seperti kuning, putih, oranye, merah dan ungu.

APA MANFAAT WORTEL UNTUK KESEHATAN?

Sumber Vitamin:

Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
source: google.com

Banyak manfaat wortel dapat dikaitkan dengan kandungan beta-karoten dan seratnya. Sayuran akar ini juga merupakan sumber antioksidan, kalium, vitamin K, natrium, fosfor, kalsium, vitamin C, niasin, dan vitamin B6 yang baik. Nutrisi lainnya termasuk vitamin A, vitamin E, Folat, seng dan zat besi.

Mencegah Kanker Payudara dan Usus Besar:

Konsumsi beta-karoten telah mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker paru-paru. Para peneliti menemukan bahwa peningkatan konsumsi beta-karoten dari 1,7 menjadi 2,7 miligram per hari mengurangi risiko kanker paru-paru lebih dari 40%. Sebuah wortel rata-rata mengandung sekitar tiga miligram beta-karoten. Dalam studi terpisah, peneliti menemukan bahwa makan wortel kaya serat mengurangi risiko kanker usus besar sebesar 24%. Wanita yang makan wortel diperkirakan lima sampai delapan kali lebih kecil kemungkinannya terkena kanker payudara.

👉TRENDING:  Cara Mengatasi Insomnia Pada Anak

Mengatur Kolesterol:

Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
source: google.com

Kolesterol tinggi merupakan faktor penting penyebab penyakit jantung. Konsumsi wortel secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, perlu mengkonsumsi wortel dalam dosis yang sehat untuk mencegah masalah yang berhubungan dengan jantung. Dalam sebuah penelitian tentang nilai terapeutik wortel, ditentukan bahwa jika rata-rata 370 gram wortel mentah dikonsumsi per hari selama tiga minggu, maka kadar kolesterol menurun 11 persen. Selain itu, sekelompok ilmuwan Swedia menemukan bahwa wortel mengurangi risiko serangan jantung. Studi lain menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak wortel memiliki 1/3 risiko serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit wortel.

Meningkatkan Penglihatan:

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan beberapa kesulitan penglihatan dalam cahaya redup. Karena wortel kaya akan vitamin A, sebuah penelitian untuk menentukan kapasitas antioksidan wortel juga menunjukkan bahwa wortel berhasil meningkatkan ketajaman visual dan mencegah perkembangan rabun senja seiring bertambahnya usia.

Kontrol Diabetes:

Wortel baik untuk pengaturan gula darah karena karotenoid di dalamnya. Karotenoid mempengaruhi resistensi insulin, sehingga membantu penderita diabetes untuk menjalani hidup normal dan sehat dengan menurunkan gula darah. Mereka juga mengatur jumlah insulin dan glukosa yang digunakan dan dimetabolisme oleh tubuh. Mereka memiliki kualitas antiseptik dan karena itu dapat digunakan sebagai pencahar, vermisida dan obat untuk penyakit hati. Minyak wortel dapat digunakan untuk kulit kering karena membuat kulit lebih lembut, halus dan kencang. Terlebih lagi, jus wortel telah terbukti meningkatkan kesehatan lambung dan pencernaan.

Menurunkan Tekanan Darah:

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kumarin dalam wortel membantu menurunkan hipertensi dan melindungi kesehatan jantung. Mereka adalah sumber potasium yang kaya, yang merupakan vasodilator dan mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri Anda, sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Mineral ini juga membantu meningkatkan fungsi organ dalam tubuh dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Tekanan darah tinggi secara langsung terkait dengan aterosklerosis, stroke dan serangan jantung, jadi ini adalah aspek kesehatan jantung lainnya dari wortel.

👉TRENDING:  Varises dan Cara Menghilangkanya 2022

Meningkatkan Kekebalan:

Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
source: google.com

Wortel sangat ideal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sejumlah sifat antiseptik dan antibakteri. Tidak hanya itu, sebagai sumber yang kaya vitamin C, ia merangsang aktivitas sel darah putih, yang merupakan salah satu elemen terpenting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Membantu Pencernaan:

Seperti kebanyakan sayuran, wortel memiliki sejumlah besar serat makanan, dan serat adalah salah satu elemen terpenting dalam menjaga kesehatan pencernaan yang baik. Serat membantu tinja melewati saluran pencernaan dengan lancar dan merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan lambung. Ini mengurangi keparahan kondisi seperti sembelit dan melindungi usus besar dan perut Anda dari berbagai penyakit serius, termasuk kanker kolorektal. Serat juga meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menghilangkan kelebihan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari arteri dan pembuluh darah.

Meningkatkan Kesehatan Mulut:

Senyawa organik dalam wortel adalah antioksidan mineral yang baik dan juga merangsang gusi dan mengeluarkan air liur berlebih. Air liur adalah zat alkali dan sering melawan bakteri dan benda asing yang dapat menyebabkan gigi berlubang (kerusakan gigi), bau mulut dan risiko kesehatan mulut lainnya.

Mengurangi Risiko Stroke:

Makan wortel setiap hari mengurangi risiko stroke sebesar 68%.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.