7 Tips Untuk Merawat Laptop Agar Awet
source: google.com

7 Tips Untuk Merawat Laptop Agar Awet

7 Tip dan Trik Umur Panjang Laptop Paling Berguna

7 Tips Untuk Merawat Laptop Agar Awet
source: google.com

7 Tips Untuk Merawat Laptop Agar Awet – Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di laptop, jelas Anda harus merawat laptop agar awet. Kebanyakan laptop mulai menunjukkan usia mereka sekitar tiga atau empat tahun. Setelah itu, semuanya tentang menemukan cara untuk mengompresi setiap bit kinerja laptop Anda. Ikuti tips masa pakai laptop yang diuraikan di bawah ini agar tetap dalam kondisi kerja yang sempurna selama bertahun-tahun yang akan datang.

Membuat laptop Anda bertahan lebih lama dimulai dengan jenis perangkat keras yang Anda miliki. Banyak laptop gaming menggunakan teknologi yang sangat modern sehingga dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa menunjukkan tanda-tanda penuaan. Selain itu, umur laptop juga dipengaruhi oleh kebiasaan Anda sehari-hari. Merawat perangkat keras dan perangkat lunak laptop Anda berkontribusi pada umur yang lebih panjang.

Bahkan jika Anda sangat berhati-hati dalam perawatan, Anda akan melihat bahwa laptop Anda telah melambat selama bertahun-tahun. Sebelum itu mulai terjadi, gunakan tip dan trik umur panjang berikut untuk mendapatkan beberapa tahun lagi dari laptop Anda:

1. Merawat lapotp agar awet dengan menjaga laptop Anda tetap dingin

Overheating adalah penyebab utama yang memperpendek umur komponen laptop Anda. Ketika CPU, GPU, baterai, dan komponen lain Anda harus bekerja sangat keras, mereka mulai menghasilkan banyak panas. Suhu tinggi dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai pelambatan termal; ini adalah CPU Anda yang sengaja menurunkan kinerja hanya untuk membuang panas berlebih.

👉TRENDING:  10 Rekomendasi headset bluetooth earbud

Semakin tua usia laptop Anda, semakin besar kemungkinan ventilasi dan kipas Anda penuh dengan debu dan kotoran yang dapat menghalangi sirkulasi udara. Tanpa sirkulasi yang tepat, laptop Anda rentan terhadap panas berlebih karena kesulitan untuk berfungsi dengan baik. Pertimbangkan untuk membeli bantalan pendingin untuk menjaga laptop Anda pada suhu yang sehat.

2. Jaga kebersihan laptop Anda

Seperti yang disebutkan sebelumnya, debu dan kotoran yang terperangkap di laptop Anda dapat meningkatkan suhu, mengurangi kinerja. Udara terkompresi adalah alat yang hebat untuk meniup semua debu yang terperangkap di kipas dan ventilasi Anda. Udara terkompresi bekerja dengan baik karena meniup semuanya tanpa menyentuh bagian halus laptop Anda.

Juga, jangan biarkan laptop Anda terlalu kotor. Tidak ada yang menua penampilan laptop lebih dari penumpukan sampah, kotoran, dan kotoran. Untuk menjaga laptop Anda dalam kondisi bersih, pastikan untuk menghilangkan remah-remah makanan, menggosok noda dan melakukan pembersihan debu secara rutin.

3. Cari laptop yang tahan lama

Bahan tahan lama membantu laptop Anda bertahan selama bertahun-tahun. Semua bahan yang digunakan untuk trackpad, keyboard, dan layar Anda, nikmati daya tanggap dan daya tanggap laptop Anda. Beberapa laptop anggaran menggunakan bahan yang lebih murah untuk menekan biaya, tetapi ini menghasilkan pengalaman pengguna yang buruk bagi pelanggan mereka.

Bahan berkualitas memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan laptop Anda, terutama jika gaya hidup Anda termasuk membawa laptop saat bepergian. Saat Anda berinvestasi pada laptop yang terbuat dari bahan tahan lama seperti logam, aluminium, atau magnesium, Anda tidak perlu khawatir akan tergores atau terjatuh sesekali.

ASUS dikenal karena membuat laptop tahan lama yang lulus pengujian ketat. Berbagai macam penilaian kualitas termasuk tes jatuh, tes getaran, tes ketinggian, tes suhu dan lain-lain. Banyak produk dalam seri ASUS ZenBook hadir dengan daya tahan kelas militer, memastikan laptop ini dibuat untuk bertahan di lingkungan yang keras.

👉TRENDING:  10 Rekomendasi headset bluetooth earbud

4. Sesuaikan perangkat lunak laptop Anda

Laptop Anda dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak yang mungkin tidak diperlukan untuk penggunaan sehari-hari Anda. Jika Anda lebih sering menggunakan laptop untuk bermain game, mungkin ada beberapa perangkat lunak bisnis yang hanya Anda gunakan sekali dalam waktu singkat. Meskipun Anda tidak perlu menghapus program ini sepenuhnya, Anda dapat meminimalkan dampaknya terhadap kinerja laptop Anda. Misalnya, matikan pembaruan otomatis dan nonaktifkan pengaturan latar belakang yang menghilangkan daya komputasi dari aplikasi utama Anda.

Dengan menyesuaikan perangkat lunak laptop Anda untuk tugas yang ada, Anda dapat membatasi jumlah beban yang ditempatkan pada mesin Anda. Dalam jangka panjang, perhatian terhadap detail yang cermat ini akan membantu meningkatkan umur laptop Anda.

5. Batasi seberapa sering Anda mematikan laptop

7 Tips Untuk Merawat Laptop Agar Awet
source: google.com

Menjaga laptop Anda tetap hidup adalah kebiasaan sederhana yang memperpanjang umur mesin Anda. Setiap kali Anda menghidupkan laptop dari keadaan tertutup penuh, perangkat menjadi stres. Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, membiarkan laptop Anda menyala sepanjang hari lebih baik untuk baterai, layar, dan komponen lainnya.

Jika Anda menggunakan laptop secara teratur sepanjang hari, biarkan laptop menyala dan biarkan siklus tidur menghemat energi saat perangkat tidak digunakan. Setelah selesai dengan laptop, Anda dapat mematikannya hingga keesokan harinya.

6. Investasikan lebih banyak RAM

Salah satu tip dan trik umur panjang terbaik adalah memperpanjang umur laptop Anda menggunakan RAM. Memori Akses Acak sangat penting untuk menyimpan file sementara yang dibutuhkan laptop Anda saat sebuah program terbuka. Semakin banyak program yang Anda buka sekaligus, semakin banyak file sementara yang perlu dibuat dan diakses oleh laptop Anda.

Menambahkan lebih banyak RAM mencegah laptop Anda menggunakan perangkat penyimpanan Anda untuk file-file sementara, yang 10 kali lebih lambat dari RAM. Dengan RAM tambahan, Anda dapat meningkatkan kemampuan laptop Anda untuk menangani program intensif sumber daya dan pembaruan baru yang membutuhkan banyak daya komputasi. Untuk menghindari repotnya upgrade, cukup beli laptop dengan memori yang tersedia banyak, seperti ASUS VivoBook S.

👉TRENDING:  10 Rekomendasi headset bluetooth earbud

7. Instal ulang sistem operasi Anda

Jika tidak ada yang Anda coba membantu laptop Anda berjalan lebih cepat, Anda dapat mencoba menginstal bersih sistem operasi Anda. Menginstal ulang sistem operasi adalah jenis hard reset yang layak dipertimbangkan seiring bertambahnya usia laptop Anda. Instal ulang penuh akan menghapus semua file Anda dan mengembalikan laptop Anda seperti saat Anda membelinya.

Setelah mencadangkan file Anda, ketik Update and Security ke menu Start dan klik ‘Recovery’ di sebelah kiri. Di bawah Reset PC ini Anda dapat mengklik Mulai untuk memandu Anda melalui proses instalasi Windows. Sebelum melanjutkan dengan penginstalan ulang, pastikan untuk menyimpan bookmark situs web, kunci aktivasi, dan informasi login untuk semua program yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.