7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi
source: google.com

5 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi

Apa saja sih Jurusan kuliah Favorit Anak IPA? Kampusnya apa saja? Gajinya Emang Berapa?

 

7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi
source: google.com

7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi – Gaji tinggi merupakan salah satu impian banyak orang. Namun, untuk mendapatkan gaji yang tinggi terkadang kita perlu untuk memenuhi syarat-syarat menjadi pekerja dengan gaji tinggi tersebut. Beberapa perusahan sekarang menyaratkan kepada calon pekeja baru untuk berkuliah terlebih dahulu hingga S1. Lalu, apa saja si jurusan-jurusan di perkuliahan yang memiliki gaji yang tinggi dan menjadi incaran banyak lulusan SMA?

Berikut kami merangkum 5 jurusan favorit dengan gaji yang tinggi setelah lulus di bawah ini:

1. Teknik Informatika

7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi
source: google.com

Jurusan kuliah favorit yang pertama yaitu tekik informatika. Apa sih teknik informatika? belajar apa sih jurusan ini? Informatika adalah ilmu yang membahas tentang pemanfaatan komputer untuk mengelola dan menganilisis data.  Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang menjadi incaran anak SMA ketika ingin melanjutkan kuliah. Selain gaji yang didapatkan setelah lulus cukup tinggi, prospek kerjanya juga sangat luas. Pada jurusan ini, kalian akan mendatkan mata kuliah tentang ilmu komputasional, algoritma dan struktur data, pemrograman, rekaya perangkat lunak, dan lain-lain. Gaji rata-rata yang diterima oleh lulusan Teknik informatika adalah berkisar antara 6 juta Р30 juta per bulan, tergantung jabatan dan perusahaan tempat bekerja

Contoh kampus dengan jurusan Teknik Informatika yang terakreditas A adalah Institut teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan lain-lain. Prospek kerja dari lulusan ini yaitu sebagai pemrogram komputer, analis kemanan informasi, data scientist, web developer, konsultan IT, dan lain-lain.

ūüĎČTRENDING:  Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada?

2. Kedokteran

7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi
source: google.com

Jarusan kuliah favorit untuk anak IPA yang ke 2 adalah kedokteran. Kedokteran merupakan salah satu dari sekian jurusan yang bergerak pada bidang kesehatan. Jurusan ini terkenal dengan mahasiswanya yang cerdas, sehingga tidak heran untuk memasukin jurusan ini kalian akan menemukan persaingan yang sangat ketat.

Setelah anda diterima di jurusan kedokteran ini, anda akan mempelajari ilmu mengenai anatomi, kardiovaskuler, reproduksi, respiratori, ilmu bedah, dan lain-lain yang berhubungan dengan kesehatan. Namun, setelah anda lulus dari jurusan ini, anda tidak langsung menjabat sebagai dokter. Anda harus mengikuti pendidikan coass atau dokter muda terlebih dahulu sebelum anda di sumpah dokter. Gaji yang akan anda dapatkan setelah menjadi dokter adalah berkisar antara 15 juta bahkan bisa mencapai 80 juta per bulan.

Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan kedokteran baik swasta maupun negeri, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran dan lain-lain.

3. Teknik Perminyakan

7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi
source: google.com

Teknik perminyakan merupakan salah satu jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Pada jurusan ini, kalian akan mendapatkan ilmu mengenai eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam. Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini adalah mengenai fluida reservoir, teknik reservoir, elektronika industri, teknik pengeboran, dan lain-lain.

Lulusan dari jurusan ini memang sangat banyak dicari. Hal ini karena terdapat perusahaan perminyakan yang cukup banyak dan juga memang membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang perminyakan. Selain prospek kerja yang cukup luas, gaji yang ditawarkanpun tidak main-main dengan rata-rata sebesar 20 juta per bulan. Namun, hal ini juga sebanding dengan risiko yang mereka hadapi selama bekerja, karena saat Anda bekerja dilapangan Anda harus siap dengan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dan tak terduga.

ūüĎČTRENDING:  Jelaskan karakteristik orang yang bekerja keras dan bertanggung jawab ! (Jawabannya)

 

Beberapa kampus yang memiliki jurusan teknik perminyakan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Uiversitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Univesitas Trisakti, dan lain-lain.

4. Teknik Pertambangan

Pekerjaan yang menggiurkan lulusan SMA
source: google.com

Jurusan kuliah favorit untuk anak IPA yang ke 4 adalah teknik pertambangan. Insinyur pertambangan bertanggung jawab untuk mengevaluasi kelayakan, keamanan, dan produktivitas lokasi penambangan. Merencanakan dan mengelola ekstraksi sumber daya permukaan dan bawah tanah. Tugas utama insinyur pertambangan adalah memastikan ekstraksi yang aman dan efisien dari sumber daya bawah tanah seperti mineral, logam, minyak dan gas. Teknik pertambangan dikaitkan dengan banyak disiplin ilmu lain seperti pengolahan mineral, eksplorasi, penggalian, geologi dan metalurgi, teknik geoteknik dan survei. Seorang insinyur pertambangan dapat mengelola setiap fase operasi penambangan, mulai dari penemuan dan eksplorasi sumber daya mineral, hingga studi kelayakan, desain tambang, pengembangan rencana, produksi dan operasi, hingga penutupan tambang. 

Sebagai fresh graduate dari jurusan ini, gaji yang ditawarkan bagi adalah berkisar antara 8-15 juta, tergantung dari posisi dan perusahaan tempat Anda bekerja. Untuk kampus yang memiliki jurusan pertambangan adalah Institut Teknologi Bandug (ITB), Institut Teknologi Sepulun November (ITS), Universitas Hasanuddin, dan lain-lain.

 

5. Teknik Kimia

7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA Dengan Gaji Tertinggi
source: google.com

Jurusan kuliah favorit untuk anak IPA adalah teknik kimia. Teknik kimia bekerja memastikan bahwa zat yang mengalir berpartisipasi dalam proses produksi menjadi lebih berguna. insinyur kia; dapat bekerja di berbagai bidang seperti pertahanan industri, penelitian luar angkasa, Kedirgantaraan dari industri pesawat terbang, serta teknologi elektronik.

Teknik kimia, seperti banyak bidang teknis lainnya, membutuhkan perhatian yang tinggi di bidang kesehatan kerja mulai dari keselamatan. Kehidupan dari Insinyur Kimia Harus Bertindak Dengan keselamatan Keselamatan Kerja. Selain itu, kualifikasi yang diharapkan millet engineer Kimia adalah sebagai berikut;

  • Untuk memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi dalam berbagai mata pelajaran seperti aljabar linier, termodinamika, mekanika fluida dari reaksi kimia,
  • berkembang terus menerus dalam bidang keilmuan, dari melanjutkan pinklajaran sepanjang hidup
  • Tanggung jawab profesional, dari Untuk mengetahui etika
  • Mencapai hasil berkualitas dengan biaya terendah,
  • Agar cocok untuk kerja tim,
  • Penyelesaian atau pinkbasan dari dinas militar.
ūüĎČTRENDING:  Siasat apa yang dilakukan kafir Quraisy menghadapi rencana hijrah Nabi Muhammad saw ?

Namun, gaji yang akan diterima juga sebanding dengan resiko yang ada. Gaji rata-rata dari lulusan teknik kimia adalah berkisar antara 5 juta hingga 18 juta per bulan sesuai dengan posisi dan perusahaan tempat bekerja. Beberapa kampus yang memiliki jurusan teknik kimia adalah Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Institut teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.