Cara Mencegah Cybercrime dengan Mudah dan Efektif

Cara Mencegah Cybercrime dengan Mudah dan Efektif

Cara mencegah cybercrime memang menjadi hal penting saat ini. terutama ketika masalah ini semakin besar belakangan ini. Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, memang tidak mengherankan jika kejahatan dunia maya juga semakin banyak.

Secara tidak sadar masalah cybercrime ini juga mengintai banyak orang. Kejahatan dunia digital juga ada banyak jenisnya, dari mulai perusakan website, pencurian data, skimming, dan lainnya.

Dalam banyak kasus, kejahatan di dunia digital ini juga banyak merugikan dan menimbulkan masalah. Contoh kecilnya adalah sistem menjadi rusak, namun dalam skala besar kerusakan akibat cybercrime ini juga bisa menjadi masalah hukum.

Cara Mencegah Cybercrime dengan Mudah dan Efektif

Cara Mencegah Cybercrime yang Efektif

Sebenarnya, cara untuk menghindari kejahatan di dunia digital ini ada banyak. Masalahnya, beberapa orang tidak menyadari akan hal itu. Hal ini banyak menjadi penyebab dari timbulnya masalah pada kejahatan dunia maya, lantas bagaimana Cara mencegah cybercrime?

Untuk itulah pengetahuan akan cara untuk mencegah cybercrime menjadi penting. Cara untuk melakukannya pun sebenarnya tidak begitu rumit. Beberapa cara untuk Anda lakukan antara lain:

1. Jangan Pernah Menggunakan Software Bajakan

Cara mencegah cybercrime pertama adalah dengan tidak menggunakan software bajakan. Masalah sering terjadi ketika menggunakan software bajakan adalah munculnya malware. Penyebaran malware pada barang bajakan memang cukup besar.

Dari malware inilah biasanya akan banyak ditemukan masalah yang bisa merusak sistem dari perangkat yang Anda gunakan. Penyebaran malware juga identik dengan penyebaran virus ataupun hal merusak lainnya.

👉TRENDING:  Mengenal Teknologi Mobil F1 beserta Fitur-fiturnya

2. Gunakan Sistem Keamanan yang Up to Date

Jika berbicara masalah cara mencegah cybercrime maka satu hal lain untuk Anda lakukan adalah menggunakan sistem keamanan. Anda bisa menggunakan anti virus ataupun anti malware.

Namun hal paling penting adalah pastikan sistem keamanan tersebut up to date. Dengan menggunakan sistem keamanan versi terbaru maka daftar masalah yang bisa diatasi pun semakin banyak.

3. Gunakan Data Enkripsi

Penggunaan data enkripsi ini bertujuan untuk mencegah penyadapan data. Cara ini juga merupakan cara mencegah cybercrime untuk Anda perhatikan. Biasanya penggunaan data enkripsi ini akan Anda gunakan pada settingan password perangkat komunikasi.

Selain itu, penggunaan data enkripsi ini juga akan Anda gunakan ketika melakukan komunikasi untuk pertukaran data antar perangkat. Cara ini perlu dilakukan agar data tersebut tidak terbaca oleh orang lain tanpa kepentingan.

4. Selalu Cek Mutasi Bank atau Kartu Kredit Secara Teratur

Jika berbicara masalah cybercrime, maka masalah ini sering terjadi pada bidang perbankan. Dan salah satu cara mencegah cybercrime agar masalah ini tidak terjadi adalah dengan rajin melakukan cek mutasi.

Hal ini untuk memastikan jika semua transaksi terjadi di bawah kendali Anda. Jika Anda merasa ada transaksi yang janggal atau tidak Anda ketahui maka segeralah hubungi pihak bank atau penerbit kartu kredit yang Anda gunakan.

5. Ubah kata sandi Anda secara berkala

Salah satu sistem keamanan yang banyak digunakan saat ini adalah menggunakan password. Meskipun sistem password sudah canggih, namun tidak ada salahnya jika Anda Juga melakukan penggantian password secara berkala.

Cara untuk mencegah cybercrime ini terutama untuk password ke perangkat atau sistem yang sering Anda gunakan. Peretasan dengan memanfaatkan password yang lama tidak diganti juga seringkali menjadi masalah.

👉TRENDING:  Laptop Loading Lama Saat Dihidupkan?

6. Buat Cadangan Data dengan Teratur

Salah satu masalah yang ditimbulkan dari cybercrime adalah kehilangan atau kerusakan data. Cara mencegah cybercrime in memang tidak bisa menghindari penyebabnya namun setidaknya Anda bisa menghindari dampak yang muncul.

Dengan sering melakukan back up data, maka setidaknya Anda masih memiliki data cadangan ketika data utama hilang atau rusak. Untuk lebih aman, maka lakukan sistem pencadangan baik dengan cara offline maupun online.

7. Jaga Data Pribadi dengan Benar

Saat ini, peretasan juga banyak terjadi karena data pribadi yang bocor. Masalah ini seringkali terjadi karena korban tidak sengaja memberikan data pribadi ke orang lain.

Jika berhubungan dengan keamanan dunia digital maka sebaiknya berhati-hatilah dengan data pribadi ini. Untuk cara mencegah cybercrime pastikan hal seperti no identitas, nama ibu kandung, dan lainnya tidak orang lain ketahui.

Di sisi lain, jika misal terjadi masalah dengan akun perbankan yang Anda miliki maka akan lebih baik jika langsung menghubungi pihak bank yang terkait. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang yang tidak Anda kenal.

Selain itu, jika Anda mendapatkan nomor OTP, maka jangan pernah memberitahukan nomor tersebut ke orang lain, walau pada pihak yang berwenang sekalipun.

8. Jangan Asal Percaya

Mungkin Anda pernah menerima link yang cukup mirip dengan link website besar. Jika hal itu terjadi, maka sebaiknya jangan pernah klik link tersebut. Bisa jadi link tersebut adalah link palsu yang menyebarkan virus dan malware.

Dari sekian banyak cara untuk menghindari cybercrime, hal terpenting yang perlu Anda miliki adalah jangan mudah percaya. Hal lain yang perlu Anda lakukan juga adalah banyak mencari informasi agar tidak tertipu.

👉TRENDING:  7 Cara Canggih Pencuri Kartu ATM yang Harus Diwaspadai

Masalah cybercrime memang selalu menemukan cara baru. Itulah mengapa kita juga perlu untuk terus mengupdate informasi yang kita punya agar tidak menjadi korban, ini juga merupakan cara mencegah cybercrime yang bisa Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.