Mengenal Teknologi Mobil F1 beserta Fitur-fiturnya

Mengenal Teknologi Mobil F1 beserta Fitur-fiturnya

Bagi penggemar F1, bisa merasakan teknologi mobil F1 tentu menjadi impian. Tapi tahukah Anda, jika ada banyak teknologi dan fitur yang digunakan oleh kendaraan sekarang yang merupakan warisan dari F1.

Balapan jet darat ini memang memiliki standar yang tinggi, baik untuk urusan kecepatan, keamanan, dan kenyamanan. Itulah mengapa banyak produsen kendaraan yang coba meniru atau bahkan menggunakan fitur yang ada pada mobil balap tersebut.

Beberapa fitur adaptasi tersebut memang terbukti berguna. Terutama untuk kebutuhan yang lebih umum, fitur itu sendiri meliputi banyak hal di hampir semua sektor.

Mengenal Teknologi Mobil F1 beserta Fitur-fiturnya

Adaptasi Teknologi Mobil F1 di Mobil Umum

Formula 1 biasa menjadi tolak ukur untuk banyak hal. Bagi pabrikan, mengikuti ajang tersebut bisa menjadi semacam pembuktian bagaimana mobil dan teknologi yang mereka punya.

Di sisi lain, ajang balapan F1 juga memberikan banyak inspirasi untuk produsen kendaraan lainnya dalam penggunaan teknologi untuk kebutuhan yang lebih umum. Beberapa fitur tersebut berguna untuk menambah kenyamanan dan keamanan.

Sekarang, ada beberapa fitur pada kendaraan umum yang sebenarnya merupakan warisan dari formula 1, berikut beberapa fitur dan teknologi mobil f1 yang ada:

Mengenal Teknologi Mobil F1 beserta Fitur-fiturnya

1. Penggunaan TurboCharged

Sekarang, sudah banyak kendaraan yang menggunakan turbocharged. Sebenarnya, teknologi turbocharged pertama kali diperkenalkan dalam dunia balapan. Teknologi mobil F1 ini memungkinkan mobil mendapatkan tenaga yang besar dengan kapasitas mesin yang kecil.

Penggunaan turbocharged memang memiliki banyak dampak dengan cukup positif. Selain berkaitan dengan masalah tenaga, penggunaan fiturnya juga berkaitan dengan bahan bakar menjadi lebih irit

👉TRENDING:  6 Fungsi Sistem Smart Home Banyak Manfaat untuk Hunian Nyaman

2. Semi Automatic GearBox

Kendaraan dengan gearbox semi otomatis sudah bisa Anda beli sekarang. Ternyata teknologi gearbox semi otomatis juga pertama kali merupakan teknologi mobil F1.

Fitur ini awalnya merupakan jawaban dari masalah waktu terbuang ketika perpindahan gigi. Dengan penggunaan gearbox otomatis, maka pembalap tidak perlu menggerakan kopling secara manual untuk menggeser gearbox.

Dengan perpindahan gearbox secara semi otomatis, hal ini ternyata cukup berdampak positif bagi pembalap. Setidaknya, mereka bisa mempertahankan kecepatan dengan stabil ketika balapan.

3. ABS

Anti Lock Braking system, fitur standar untuk setiap kendaraan saat ini juga pertama kali digunakan pada teknologi mobil F1. Fitur ini awalnya digunakan untuk pesawat terbang.

Sampai akhir nya mobil F1 mengadaptasinya untuk masalah kenyamanan dan keamanan pembalap. Fitur ini juga sudah digunakan oleh hampir semua kendaraan. Bahkan, beberapa negara mewajibkan penggunaan fitur ini pada setiap mobil.

4. Paddle Shift

Jika Anda sering menonton balap F1, pasti sudah tidak asing lagi ketika pembalap menggerakan jarinya untuk menekan sebuah tuas pada kemudi. Teknologi mobil F1 itulah yang dinamakan paddle shift.

Tujuan utama alat ini adalah untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Saat ini, fitur tersebut juga sudah ada pada beberapa mobil umum. Dengan penggunaan fitur tersebut maka proses pindah gigi jauh lebih ringkas.

5. Hybrid System

Teknologi mobil F1 lain yang saat ini juga banyak digunakan oleh kendaraan umum adalah teknologi hybrid. Sistem ini tidak hanya berkaitan dengan penggunaan bahan bakar dengan lebih irit, tetapi juga masalah performa.

Penggunaan hybrid system dinilai membuat kendaraan lebih bertenaga dan responsif ketika melakukan akselerasi. Hybrid system ini juga sudah banyak digunakan oleh kendaraan umum dan Anda juga sudah bisa memilikinya.

👉TRENDING:  Ingin Beli HP 5G? Ketahui Manfaat dan Kriteria Memilihnya

6. Mesin DOHC

Penggunaan mesin DOHC juga banyak ditemukan saat ini juga merupakan salah satu adaptasi teknologi mobil F1 yang diterapkan pada kendaraan umum. Keunggulan dari penggunaan mesin DOHC adalah tenaga mesin dihasilkan jauh lebih besar.

7. Suspensi Aktif

Meskipun saat ini penggunaannya dilarang di balapan F1, namun penggunaan suspensi aktif juga merupakan salah satu teknologi mobil F1 yang banyak digunakan kendaraan umum saat ini.

Pelarangan penggunaan komponen ini sendiri karena faktor mobil pengguna menjadi terlalu dominan. Artinya, tidak ada masalah dengan faktor keamanan. Penggunaan suspensi aktif ini sendiri akan membuat kendaraan jauh lebih stabil

Selain itu, kendaraan juga bisa mempertahankan laju dengan konsisten ketika menikung. Nantinya, guna meningkatkan kenyamanan dan kestabilan berkendara maka suspensi ini bisa secara otomatis mengeras ataupun menjadi lunak.

8. Tombol Fitur pada Setir

Bagi penggemar F1, melihat setir F1 dengan banyak tombol tentu sudah tidak asing. Tombol-tombol itulah yang nantinya akan digunakan pengemudi untuk mengatur berbagai settingan mobilnya.

Penggunaan teknologi mobil F1 tersebut bisa Anda lihat di hampir semua mobil. Setir tidak hanya berguna untuk mengatur laju kendaraan, tapi juga mengatur fitur yang ada pada kendaraan tersebut.

Dari sekian banyak penggunaan teknologi tersebut, beberapa penerapannya berhasil dan efektif untuk menambah kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Dalam banyak hal, penggunaan fitur ini juga membuat pengendara semakin terbantu.

Itu dia beberapa fitur yang ada pada mobil F1. Dengan semakin berkembangnya teknologi mobil F1, tidak menutup kemungkinan jika di masa datang akan lebih banyak fitur yang akan diadaptasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.