3 Kebiasaan dan Penyebab Ponsel Cepat Panas

Banyak kebiasaan yang sering dilakukan pemicu ponsel cepat panas, sehingga performa ponsel tersebut jadi jauh menurun. Padahal, ketika ponsel sudah panas, tetapi tetap Anda mainkan dampak buruknya juga banyak, salah satunya membuat baterai cepat boros lantas bagaimana cara mengatasi hp cepat panas?

Ponsel pintar saat ini memang sudah dibekali banyak fitur pengaman, termasuk salah satunya fitur pendingin ponsel. Jadi ketika Anda menggunakan aplikasi berat, sistem ponsel tersebut akan menutup aplikasi yang tidak digunakan, sehingga performanya tetap baik.

Kebiasaan dan Penyebab Ponsel Cepat Panas

Hanya saja, banyak kebiasaan yang kita lakukan membuat ponsel cepat panas dan hal ini kerap tidak disadari. Ponsel yang melami over head bisa mengalami kerusakan fatal, bahkan bisa juga meledak. Oleh sebab itu, hal ini tidak boleh Anda abaikan begitu saja hal ini sering terjadi dan banyak dicari oleh para pengguna samsung tentang cara mengatasi hp panas samsung.

Lebih baik menggunakan ponsel dalam batas wajar, sehingga performa tetap baik dan ponsel awet untuk jangka panjang. Kebanyakan orang kini semakin tergantung dengan ponsel, karena hampir segala hal sudah membutuhkan ponsel, sehingga penting memastikan keamanannya. lantas Apa penyebab ponsel cepat panas?

Kebiasaan dan Penyebab Ponsel Cepat Panas

Berikut ini Kebiasaan yang Membuat Ponsel Cepat Panas

Jika ponsel mengalami over head, sistem bisa mati dengan sendirinya untuk mencegah terjadinya kerusakan. Jadi sebelum over head, lebih baik hindari melakukan kebiasaan penggunakan ponsel yang buruk. Berikut kebiasaan yang harus Anda hilangkan agar ponsel tetap aman dan beberapa penyebab kenapa hp panas saat di cas?

  1. Menggunakan Banyak Aplikasi VPN atau Booster

Kinerja ponsel akan lebih berat jika aplikasi yang digunakan berlebihan terutama seperti VPN atau juga Booster. Aplikasi ini terkadang tetap bekerja di belakang layar, ketika apk lainnya Anda gunakan. Hal ini membuat sistem bekerja semakin ekstra, yang membuat ponsel cepat panas.

đŸ‘‰TRENDING:  8 Teknologi Smart Car yang Membuat Mobil Semakin Canggih

Lebih baik untuk tidak menggunakan banyak aplikasi tambahan karena memperberat kinerja ponsel Anda. Jika Anda ingin menggunakannya lebih baik gunakan versi Lite karena biasanya lebih ringan, serta fungsinya juga tetap maksimal. Pastikan juga sumbernya resmi agar keamanannya tetap baik.

  1. Mengakses Aplikasi yang Terlalu Berat

Kebiasaan dan Penyebab Ponsel Cepat Panas

Kebiasaan lain yang membuat ponsel jadi mudah mengalami over head adalah karena mengakses aplikasi yang terlalu berat. Apk yang Anda gunakan kerap mengalami pembaruan, dan ketika sudah diperbarui, sistemnya biasanya semakin berat.

Jika tipe ponsel Anda masih tergolong rendah dan tetap memaksa untuk memainkan aplikasi berat, maka ponsel cepat panas nantinya. Lebih baik sesuaikan jenis aplikasi dan tipe ponsel Anda, agar kinerjanya tetap lancar, dan tidak perlu bekerja keras setiap waktu untuk membuka apk tersebut.

  1. Bermain HP di Area Panas

Suhu lingkungan sekitar juga menjadi pemicu ponsel cepat mengalami kenaikan suhu, oleh karena itu tempat Anda bermain ponsel juga perlu diperhatikan. Sebaiknya jangan bermain ponsel di bawah trik matahari, karena dapat membuat panas cepat meningkat.

Jika Anda bermain ponsel di suhu ruangan yang panas, maka ponsel cepat panas nantinya. Terutama jika body ponsel terbuat dari bahan metal, maka sifat metal tersebut juga lebih cepat menyerap panas. Maka dari itu penting memerhatikan suhu ruangan, ketika bermain ponsel.

Langkah Sederhana Mengurangi Panas Pada Ponsel

Sebenarnya untuk pemakaian normal, ponsel biasanya tidak cepat mengalami kenaikan suhu. Ketika Anda mengakses aplikasi game misalnya, dan memainkannya selama berjam-jam, suhunya memang pasti mengalami kenaikan. Atau ketika Anda mengakses layanan streaming, pasti ponsel cepat panas.

Tetapi jika pemakaian normal seperti mengakses medsos atau aplikasi ringan lain, tetapi ponsel langsung panas, berarti ada masalah pada sistem ponsel tersebut. Lebih baik segera diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah nantinya. Tetapi jika untuk pemakaian normal, cukup mudah menurunkan suhu panas tersebut.

đŸ‘‰TRENDING:  Sentuhan Teknologi di Tempat Umum yang Mengundang Decak Kagum

Misalnya ketika Anda bermain ponsel di luar ruangan, lebih baik turunkan cahayanya, karena ketika layar terlalu terang, lebih cepat menguras baterai nantinya. Hal ini juga membuat suhu panas cepat meningkat.

Atau ketika Anda sedang bermain game, lepaskan case pada ponsel tersebut, karena casing ponsel terkadang menghambat pelepasan udara panas. Beberapa jenis case membuat ponsel cepat panas, terutama yang berwarna hitam.

Oleh sebab itu, penting memperhatikan detail-detail kecil yang dapat mengurangi panasnya. Paling baik memang jangan mengakses ponsel tersebut terlalu lama, misalnya cukup 30-50 menit saja. Hal ini bertujuan baik untuk membuat sistemnya tetap bekerja secara normal.

Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Ponsel Mati Akibat Terlalu Panas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ponsel memiliki sistem pengaman jika mengalami over head bisa jadi ini penyebab hp cepat panas di bagian atas. Ponsel mati karena terlalu ponsel cepat panas merupakan salah satu cara kerja sistem pengaman tersebut, sehingga Anda tidak perlu panik ya walaupun memang ada dampak bahaya hp panas jka terlalu berlebihan.

Hal yang perlu dilakukan adalah mendinginkan ponsel tersebut, seperti menaruhnya di lantai atau mendekatkannya pada kipas. Lebih baik jangan langsung menghidupkan ponsel, melainkan tunggu hingga benar-benar dingin agar sistemnya pulih kembali.

Jika setelah dingin ponsel tidak mau hidup, ada baiknya lakukan pengecasan. Jika baterai masih bisa dicas, berarti pertanda ponsel masih dapat dihidupkan. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan reboot agar sistemnya kembali berjalan normal. Penting hindari penyebab ponsel cepat panas tersebut agar usia hp Anda tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.