Panduan Pemula untuk ETF Bitcoin 2022

Panduan Pemula untuk ETF Bitcoin 2022

ETF Bitcoin merupakan Cara baru untuk berdagang dan berinvestasi dalam teknologi kripto, ETF Bitcoin menjadi berita utama pada tahun 2018. Pendukung ETF menggambarkannya sebagai alat untuk mendorong adopsi Bitcoin dan akronim untuk memperkenalkan investor pada potensi penuh mata uang kripto.

Apa itu Exchange Traded Fund (ETF Bitcoin)?

Panduan Pemula untuk ETF Bitcoin 2022

Cara baru untuk berdagang dan berinvestasi dalam teknologi kripto, ETF Bitcoin menjadi berita utama pada tahun 2018. Pendukung ETF menggambarkannya sebagai alat untuk mendorong adopsi Bitcoin dan akronim untuk memperkenalkan investor pada potensi penuh mata uang kripto.

Namun, terlepas dari hubungannya dengan Bitcoin, begitu juga dana yang diperdagangkan di bursa Bukan teknologi baru. Sebagai sarana investasi, ETF telah berada di pasar keuangan selama lebih dari dua dekade sekarang, mengumpulkan sekitar $ 1 triliun aset yang dikelola dan meluncurkan ratusan setiap tahun. Yang terbaik adalah mulai belajar tentang ETF Bitcoin dengan mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa itu ETF non-crypto dan bagaimana menggunakannya:

  • Dana yang diperdagangkan di bursa adalah dana atau sekuritas yang digunakan untuk melacak harga aset dasar. Ini bisa berupa aset “tradisional” seperti emas atau minyak, sama seperti komoditas, obligasi, saham, dan bahkan mata uang kripto lainnya, seperti bitcoin. Dengan ETF, dimungkinkan untuk membangun perwalian atas aset yang dilacak, diikuti dengan penerbitan saham yang mengkonfirmasi kepemilikan aset tersebut.
  • Dana yang diperdagangkan di bursa berperilaku dengan cara yang mirip dengan saham tradisional, setidaknya dalam arti bahwa mereka dapat diperdagangkan di bursa reguler. Kenaikan popularitas mereka disebabkan oleh potensi pembelian dan penjualan yang mereka rasakan, serta likuiditas yang kuat yang mereka tawarkan. Untuk investor yang berniat membeli aset dasar untuk ETF, ini seringkali merupakan opsi yang lebih mudah diakses dibandingkan dengan memperdagangkan aset itu sendiri. Tingkat kenyamanan perdagangan ini juga meluas ke Bitcoin, yang merekomendasikan cryptocurrency model ETF ini sejak awal.

Bagaimana cara kerja ETF Bitcoin?

Panduan Pemula untuk ETF Bitcoin 2022

Karena ada beberapa kesalahpahaman mengenai potensi sebenarnya dari ETF, biasanya ada baiknya untuk belajar banyak tentang manajemen dan pendiriannya sebelum berinvestasi di dalamnya.

Pertama-tama, kita perlu memahami bagaimana ETF dibuat, termasuk yang berbasis bitcoin:

  1. Penjaga potensial (bank, perusahaan manajemen aset, atau bahkan pertukaran mata uang kripto seperti Sepotong Ratu) mengumpulkan uang dari investor dan membeli saham yang terkait dengan aset dasar. Pihak yang bertanggung jawab untuk membeli aset dasar untuk ETF disebut “peserta terakreditasi”. Dalam kasus Bitcoin, kustodian akan membeli posisi di atau apa pun yang dimiliki Bitcoin masa depan Kontrak dengan menghabiskan uang investor.
  2. Peserta terakreditasi mendistribusikan aset ke penyedia ETF dengan imbalan saham dana. Nilai saham ini sebanding dengan nilai aset yang diterima oleh penyedia ETF. Dengan demikian, investor mengambil peran sebagai pemegang saham dalam dana tersebut, tanpa menjadi pemilik sebenarnya dari aset dasar yang dilacak, baik itu emas atau bitcoin.
  3. ETF harus disetujui oleh badan pengawas yang bertanggung jawab atas pasar saham sebelum tersedia di bursa. Meskipun ada tekanan untuk mendapatkan ETF Bitcoin yang disetujui di AS dan Eropa, regulator telah membatalkan lebih dari selusin upaya untuk menyetujuinya. Alasan yang disebutkan terkait dengan kekhawatiran Manipulasi harga dan keamanan aset kripto yang mendasarinya. Penolakan pertama terjadi pada tahun 2013 ketika saudara-saudara Winklevoss mencoba untuk meluncurkan Bitcoin Trust. Meskipun demikian, para optimis berharap untuk melihat ETF Bitcoin pertama yang disetujui pada tahun 2019 atau 2020.
  4. Setelah ETF mencapai bursa, mereka dapat dibeli dan dijual, dan keputusan yang diambil dalam hal ini dapat membawa keuntungan atau kerugian bagi investor. ETF juga datang dengan biaya manajemen yang ditutupi dengan mengurangi nilai aset bersih (NAB) dari ETF. Karena ETF berperilaku seperti ETF, harganya dapat berfluktuasi selama hari perdagangan berdasarkan penawaran dan permintaan saat ini.
👉TRENDING:  Akankah Harga Bitcoin Stabil?

Baca Juga: Siapakah yang mengendalikan bitcoin?

Apa keuntungan dari ETF bitcoin?

Panduan Pemula untuk ETF Bitcoin 2022

Institusi dan investor ritel dapat menggunakan ETF sebagai peluang untuk menggunakan Bitcoin sebagai file Kelas aset yang pertama kali akan diedarkan ke publik. Pendukung ETF menghadirkan Bitcoin sebagai model investasi yang seharusnya menawarkan beberapa keuntungan signifikan:

  • Bitcoin dan cryptocurrency lainnya akan menerima paparan dan validasi yang sangat dibutuhkan di pasar keuangan global. ETF Bitcoin dipandang sebagai cara yang lebih mudah untuk meningkatkan kesadaran tentang pertumbuhan teknologi blockchain, tanpa memaksa investor untuk terlibat dalam penjualan token yang berisiko atau proyek berbasis blockchain yang kompleks.
  • Karena ETF telah diperdagangkan di bursa saham sebagai saham untuk waktu yang lama sekarang, mereka telah mendapatkan banyak popularitas di antara investor institusi dan individu.. ETF adalah jenis sekuritas yang mapan dan sering dianggap menyediakan likuiditas yang stabil dan mudah untuk dibeli, dijual, atau short.
  • Harapan para pendukung ETF Bitcoin tidak terbatas pada investor profesional: Mengikuti rute ETF harus berarti kemampuan untuk melewati pertukaran, membuat pembelian dan penjualan Bitcoin sedikit lebih mudah bagi pengguna rata-rata juga.. Investor tidak perlu repot dengan pertukaran mata uang kripto karena mereka cukup membeli dan menjual ETF dengan bantuan pertukaran “tradisional”.
  • Bitcoin ETF bisa dibilang merupakan pilihan yang lebih fleksibel untuk investasi jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang, tidak seperti Bitcoin berjangka yang sering digambarkan lebih cocok untuk usaha jangka pendek..
  • Status ETF Bitcoin yang diatur dengan lebih baik akan membantu melegalkan status Bitcoin sebagai aset juga. Selain keuntungan pajak potensial, lebih sedikit ruang untuk manipulasi pasar dan perdagangan yang kurang stabil, ETF dipandang sebagai penstabil potensial untuk bitcoin sebagai sebuah proyek.
  • Mereka yang lebih optimis di antara pendukung Bitcoin ETF melihatnya sebagai cara untuk mengembalikan harga dan reputasi Bitcoin seperti sebelumnya. Krisis yang sedang berlangsung. Harapan investor tertuju pada potensi ETF Bitcoin untuk mengarahkan aliran dana ke pasar Bitcoin global. Ini sangat penting untuk dana yang berasal dari investor institusi seperti bank atau hedge fund. Begitu mereka menyuntikkan uang mereka ke ETF, harga bitcoin akan mengikuti dan menjadi lebih stabil.
  • Terakhir, ETF Bitcoin juga dapat menguntungkan investor institusional seperti reksa dana dan dana pensiun, karena mereka dapat memperluas portofolio investasi mereka dengan paparan mata uang kripto dengan cara yang lebih teratur..
👉TRENDING:  Penjelasan Tentang Bitcoin - Apa itu bitcoin?

Mungkin kamu tertarik dengan artikel Sejarah Bitcoin | Properti Bitcoin

ETF Bitcoin vs. Investasi Langsung dalam Bitcoin

Selain keuntungan yang diusulkan, pendukung ETF Bitcoin juga harus meyakinkan calon investor bahwa memasukkan uang mereka ke dalam ETF adalah pilihan yang sama menariknya dengan berinvestasi di Bitcoin itu sendiri. Dengan kata lain, mereka harus memberikan pembenaran yang realistis untuk penggunaan pialang investasi, ketika investor menyadari bahwa ETF Bitcoin mencerminkan harga mata uang itu sendiri. Namun, pendukung ETF Bitcoin mengklaim bahwa bekerja dengan ETF memiliki beberapa keuntungan yang tidak dapat diberikan oleh investasi langsung dalam Bitcoin:

  • ETF akan memudahkan investor untuk berinvestasi dalam cryptocurrency dan terlibat dalam spekulasi harga mereka tanpa mengganggu masalah teknis, seperti penyimpanan koin, pembuatan portofolio, langkah-langkah keamanan, dll. .
  • ETF Bitcoin harus memberi investor akses ke layanan broker reguler. Selain merasa aman dengan investasi mereka dengan cara ini, investor tidak perlu berurusan dengan masalah terkait keamanan seperti serangan peretasan, pencurian, dan lainnya. ETF akan diasuransikan terhadap risiko ini, dan penjaga dapat diwajibkan untuk hanya berpegang pada sumber data transparan yang terkait dengan transaksi dengan bitcoin. Dapat dikatakan bahwa semua upaya ini meningkatkan kepercayaan di antara investor dan pemain di pasar cryptocurrency.
  • ETF dipandang sebagai alat untuk menarik uang dari investor yang akrab dengan ETF, tetapi tahu sedikit tentang teknologi Bitcoin dan tidak ingin mulai mengenalnya.
  • Karena ETF Bitcoin bertindak seperti kendaraan investasi, investor akan dapat menjual saham mereka di ETF jika mereka memutuskan bahwa harga Bitcoin akan turun lagi. Ini bukan pilihan di pasar cryptocurrency standar.

Apa kelemahan potensial dari model ETF Bitcoin?

Sementara ETF Bitcoin telah menerima banyak perhatian dari para pendukungnya sepanjang tahun 2018, kritik mereka telah mengemukakan beberapa kelemahan potensial dari model ini:

  • Itu Kasus Perwalian ETF Pengawasan peraturan merupakan hambatan kritis untuk adopsi model ETF Bitcoin secara luas. Regulator, seperti Securities and Exchange Commission, enggan menyetujui ETF karena mereka ingin mendukungnya dengan bitcoin fisik yang disimpan oleh lembaga resmi atau pihak ketiga. Ini tidak mungkin karena bitcoin bukan komoditas fisik (seperti emas atau minyak). Lembaga keuangan yang ingin berbisnis di kripto harus memutuskan apakah mereka ingin mengembangkan dan menerapkan solusi penyimpanan dan kustodian mereka sendiri atau menggunakan solusi yang ditawarkan oleh pemain mapan di dunia kripto.
  • Masalah lainnya adalah fakta bahwa Perdagangan berjangka Bitcoin masih tertinggal dari aset yang matang Seperti minyak atau emas. Volume perdagangan yang rendah mempersulit ETF untuk mendapatkan persetujuan formal dari otoritas pengatur.
  • Penggunaan sistem kustodian oleh ETF dapat menghalangi pengguna yang menginginkan kontrol lebih besar atas bitcoin mereka daripada menyerahkannya kepada kustodian..
  • Dengan Bitcoin dikendalikan oleh pihak ketiga, tidak peduli seberapa “dapat diandalkan” itu, investor akan memiliki sedikit atau tidak sama sekali dalam memutuskan pengembangan tata kelola dan mekanisme konsensus di masa depan dalam protokol Bitcoin itu sendiri..
  • Komisi Sekuritas dan Bursa, misalnya, juga menyebutkan potensinya Risiko penipuan dan manipulasi Sebagai salah satu alasan utama mengapa banyak aplikasi ETF Bitcoin ditolak persetujuan. Badan ini juga merujuk pada ketidakmampuan pemohon untuk menghentikan atau mencegah praktik penipuan yang mungkin terungkap kepada investor. Sejalan dengan ini, ETF juga dapat dilihat sebagai katalis adopsi Bitcoin untuk tujuan spekulasi, daripada menggunakannya sebagai mata uang asli.
  • Bahkan ada beberapa kekhawatiran bahwa alih-alih ETF mendorong harga bitcoin turun, model ini sebenarnya bisa menyebabkan penurunan harga bitcoin. Menyebabkan harga Bitcoin naik. Menghapus lebih banyak bitcoin dari peredaran dapat membuat cryptocurrency nomor satu dunia semakin langka sebagai aset dan membuatnya tidak stabil.
👉TRENDING:  Keuntungan Konsolidasi Bitcoin dan Ethereum, LUNA dan WAVES Rally

Perbedaan antara ETF Bitcoin, ETF Blockchain, ETN, dan ETP

ETF Bitcoin tidak boleh disamakan dengan ETF blockchain, meskipun memiliki kesamaan yang dangkal. Sebagai permulaan, perbedaan antara keduanya mencerminkan perbedaan antara Bitcoin sebagai cryptocurrency dan blockchain sebagai teknologi intinya.

Blockchain ETF digunakan untuk melacak harga perusahaan yang berinvestasi di blockchain sebagai teknologi, terutama dalam kasus perusahaan yang menggunakannya sebagai teknologi transformatif. Dalam hal ini, blockchain diperlakukan sebagai solusi teknis, dan dengan demikian, tidak terikat pada produk atau sektor bisnis tertentu.

ETF juga bisa dikacaukan dengan Bitcoin Catatan yang diperdagangkan di bursa (ETN) berbasis Bitcoin Yang mirip dengan ETF, tetapi dengan beberapa perbedaan penting:

  • ETN adalah produk teregulasi yang diterbitkan sebagai sekuritas utang besar. Berbeda dengan mereka, ETF mewakili saham dalam komoditas yang mendasarinya.
  • ETN berperilaku lebih mirip dengan obligasi, dalam arti bahwa mereka tidak dijamin. Tidak seperti mereka, ETF menyediakan investasi dalam dana yang menyimpan aset yang Anda lacak, seperti saham, obligasi, atau emas.
  • ETN memiliki reputasi yang tidak terlalu tegang dengan regulator dalam hal status hukumnya – misalnya, Bitcoin ETN telah diperdagangkan di bursa Swedia sejak 2015, dan ditawarkan dalam euro dan krona sebagai mata uang asli Swedia.

Produk yang Diperdagangkan di Bursa (ETPs) Terkait dengan cryptocurrency juga telah dikacaukan dengan ETF, terlepas dari perbedaannya:

  • ETP adalah jenis keamanan yang dihargai dalam derivatif dan diperdagangkan pada siang hari di bursa saham nasional.
  • ETP adalah investasi pasif, yang membedakannya dari ETF. Namun, instrumen investasi seperti komoditas, mata uang, harga saham atau suku bunga dapat menjadi bagian dari ETP. Dana ini dapat berfungsi seperti dana yang dikelola secara aktif, termasuk ETF.
  • Crypto ETP sudah ada di pasar (Dana Investasi Bitcoin Grayscale Investment, misalnya).

Leave a Reply

Your email address will not be published.