Siapakah yang mengendalikan bitcoin

Siapakah yang mengendalikan bitcoin?

Siapakah yang mengendalikan bitcoin? Karena kita tahu bahwa uang kertas dikendalikan oleh pemerintah dan bank, pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang mengendalikan Bitcoin? Ini hanya dijawab oleh sifatnya yang terdesentralisasi: tidak ada satu dan semua orang pada saat yang bersamaan. Tidak ada wewenang untuk membuat…

Karena kita tahu bahwa uang kertas dikendalikan oleh pemerintah dan bank, siapa yang mengendalikan mata uang terdesentralisasi seperti Bitcoin? Jawabannya ada di kata desentralisasi Yang berarti bahwa jaringan Bitcoin tidak dijalankan oleh siapa pun dan semua orang pada saat yang bersamaan.

Siapakah yang mengendalikan Bitcoin?

Menurut definisi, desentralisasi berarti “pengalihan kendali suatu organisasi atau pemerintahan dari satu tempat ke beberapa organisasi yang lebih kecil.”

Hal yang sama berlaku untuk jaringan Bitcoin, kecuali untuk “beberapa tempat yang lebih kecil”, di mana kontrol sistem didelegasikan ke ribuan node – orang-orang yang memilih untuk menjalankan perangkat lunak Bitcoin di komputer mereka.

Tidak ada otoritas pusat yang membuat keputusan terkait jaringan Bitcoin; Sebaliknya, setiap orang harus membuat keputusan. Tidak ada yang memiliki teknologi Bitcoin, jadi tidak ada dalang tersembunyi yang mengendalikan Bitcoin.

Baca juga: Apakah Bitcoin adalah skema piramida?

Tata Kelola Bitcoin

Pengguna di seluruh dunialah yang mengendalikan Bitcoin. Siapa pun bebas mengembangkan dan meningkatkan perangkat lunak Bitcoin. Demikian pula, siapa pun bebas memilih versi perangkat lunak mana yang ingin dijalankan. Namun, untuk menjadikannya jaringan yang dapat digunakan, pengguna harus bekerja sama dan menjalankan versi perangkat lunak yang kompatibel. Pada akhirnya, jaringan yang kuat mengharuskan setiap orang untuk bertindak dengan aturan yang sama, dan inilah cara konsensus Bitcoin dicapai – dengan suara mayoritas.

👉TRENDING:  7 Pertukaran Kripto Andal yang Harus Anda Ketahui

Inilah yang mengendalikan Bitcoin: suara mayoritas. Karena semua node dalam jaringan adalah sama, jika mayoritas memutuskan sesuatu, itu akan terjadi. Dan jika Anda menentang perubahan, Anda bebas untuk bergabung dengan sistem lain (itulah sebabnya ada begitu banyak garpu Bitcoin). Jaringan terkuat menang, itulah sebabnya sebagian besar pengguna, penambang, dan pengembang memiliki insentif untuk menghormati dan melindungi perjanjian bersama ini. Adalah kepentingan terbaik semua orang untuk menjaga jaringan tetap aktif, aman, dan sehat!

Dampak pada jaringan Bitcoin

Tapi siapa yang mengendalikan jaringan Bitcoin? Orang mungkin mengatakan bahwa pengembanglah yang mendiskusikan bagaimana mengembangkan dan meningkatkan sistem. Yang lain mengatakan bahwa penambang dapat memilih versi perangkat lunak mana yang ingin mereka jalankan. Tetapi sekali lagi – masa depan Bitcoin harus diputuskan oleh mayoritas, karena tidak ada node, atau peserta, yang mendapatkan perlakuan khusus atau preferensial.

Ini adalah sifat organisasi yang benar-benar terdesentralisasi. Dan sepertinya berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.