Pencuri Kartu ATM

7 Cara Canggih Pencuri Kartu ATM yang Harus Diwaspadai

Waspadai pencuri kartu ATM, karena saat ini sudah banyak trik-trik canggih mereka pakai buat mencuri data kartu ATM Anda sampai bisa mengambil saldo di rekening sampai ludes.

Seperti yang saat ini sedang sangat marak, banyak cara dilakukan oleh pembobol kartu ATM untuk bisa melancarkan niatnya buat membobol rekening Anda. Kenali berbagai cara canggih yang mereka lakukan dan pahami cara menghindarinya.

Khususnya untuk Anda sering teledor, wajib buat lebih waspada agar terhindar dari kejadian ini. berikut ini tiga cara canggih yang dipakai oleh pencuri ATM dengan cara untuk menghindarinya.

Waspadai Pencuri Kartu ATM Menggunakan Trik Skimming

Cara Canggih Pencuri Kartu ATM yang Harus Diwaspadai

Skimming pada anjungan tunai mandiri (ATM) merupakan tindakan pencurian data ada pada kartu ATM jenis debit atau juga kredit. Prinsip dari cara skrimming yang sering dipakai oleh pencuri ATM adalah menyalin informasi tercantum pada strip hitam di setiap kartunya.

Praktek ini sering dilakukan sehingga Anda harus sangat mewaspadainya. Setelah pencuri ATM tersebut mendapatkan salinan informasi dari strip magnetik tersebut. Mereka akan mulai buat menarik uang Anda dengan alat mereka punya sendiri.

Sangat penting untuk mengetahui cara menghindari cara pencuri kartu ATM ini buat melancarkan aksinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

  1. Memastikan Mesin EDC/ATM keadaan normal

Pertama kali harus dipastikan adalah mesin Anjungan Tunai Mandiri yang akan dipakai harus dalam keadaan normal. Dari mulai keadaan fisik dan lainnya, jika ditemukan kejanggalan lebih baik buat memakai mesin lainnya.

  1. Pilih Tempat Aman

Sangat penting untuk memilih tempat ATM yang memiliki pencahayaan baik dengan CCTV buat mengawasi semua pergerakan pengunjung mesin Anjungan Tunai Mandiri tersebut.

Terakhir, pastikan selalu ada satpam menjaga tempat tersebut. Karena biasanya Pelaku akan memilih tempat yang sepi dan minim penjagaan agar bisa melancarkan niat jahatnya.

  1. Membuat kombinasi nomor PIN kuat

Dalam membuat nomor PIN pastikan untuk menghindari penggunaan inisial, tanggal lahir, dan juga nomor telepon. Karena semua kombinasi tersebut mudah buat ditebak oleh pencuri kartu ATM. Lebih baik untuk membuat kombinasi nomor PIN kuat dan tidak tertebak oleh siapa saja bahkan orang terdekat sekalipun.

Waspada Modus Phising untuk Mencuri Data ATM

Cara Canggih Pencuri Kartu ATM yang Harus Diwaspadai

Modus lainnya yang sering dilakukan oleh pencuri Anjungan tunai Mandiri adalah Phising. Phising sendiri adalah metode kejahatan menggunakan teknik pengelabuan terhadap korbannya.

Pencuri kartu ATM pasti nantinya akan menghubungi Anda dan bertindak seperti petugas perbankan buat meminta data pribadi. Data tersebut nantinya digunakan untuk bisa menduplikasi kartunya Anda dan meraup keuntungan dari hal tersebut.

Penipuan jenis ini sangat sering ditemukan dan pada saat pendemi ini makin marak jenis penipuan ini. Pelaku biasanya melakukan penipuan menggunakan Sambungan telepon, Email, Pesan WA, dan terakhir lewat SMS. Kenali beberapa jenis modus phising berikut ini buat bisa mencegah pelaku melakukan modus Phising terhadap Anda.

  1. Melalui Telepon

Cara yang paling sering dilakukan oleh pelaku adalah melalui panggilan telepon. Pelaku pencuri kartu ATM akan mengajak korbannya mengobrol dalam waktu cukup lama hingga akhirnya korban tidak sadar memberikan informasi pribadi ia butuhkan.

Biasanya pelakunya akan bertingkah seperti pegawai bank dan mengaku untuk pembaruan data akun internet banking. Jadi mereka dengan mudah mendapatkan informasi dengan menakut-nakuti rekeningnya akan segera terblokir jika tidak segera melakukan pembaruan informasi.

  1. Melalui SMS, Email atau Whatsapp

Selain melalui telepon pelaku juga biasanya akan menggunakan pesan teks yang dikirim melalui SMs, Email hingga Whatsaap. Modusnya hampir sama, mereka akan mengaku sebagai pegawai bank menginformasikan akun rekeningnya akan segera terblokir jika tidak melakukan pembaruan informasi atau password.

Setelah itu pelaku pencuri kartu ATM juga akan menggiring Anda mengklik tautan diberikan. Tautan tersebut biasanya dimiripkan seperti yang dibuat oleh bank lalu membuat korbannya mengisi beberapa data pribadi di halaman palsu tersebut.

Modus Pembajakan Kartu ATM Kredit dan Debit Perlu Dicegah

Jika PIN kartu Anda telah bocor dan diketahui oleh seseorang berpotensi buat memicu pembajakan dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Hal yang biasanya dilakukan oleh pelaku pembajakan pencuri Kartu ATM adalah pembobolan uang nasabah, dan pencurian data pribadi.

Pembajakan kartu ATM juga akan memungkinkan pelakunya mengetahui nomor telepon pribadi nantinya akan berimbas pada Mobile Banking Anda. Jika sudah seperti itu tidak menutup kemungkinan Mobile Banking Anda akan diubah passwordnya untuk diambil alih oleh pelaku. Berikut ini informasi penting terkait cara untuk menghindari pembajakan kartu anjungan tunai mandiri.

  1. Menyimpan Bon Transaksi dari Kartu Kredit

Saat menggunakan kartu kredit pastikan buat selalu menyimpan bon-bon sebagai bukti transaksi. Berguna untuk mencegah orang lain dengan mudah mengakses kartunya. Tujuannya akan bisa ditemukan bila ada transaksi tidak sesuai sehingga bisa langsung lakukan klarifikasi ke pihak bank.

  1. Segera blokir kartu kredit yang hilang

Cara lainnya buat mencegah kartu kredit digunakan oleh orang lain segeralah lakukan pemblokiran untuk mencegah pelaku kredit menyalah gunakannya. Jika sudah diblokir karena orang lain menemukan kartu tersebut tidak akan bisa menggunakannya.

Jadi buat menghindari kerugian yang lebih besar, setiap nasabah diimbau untuk tidak menyimpan uang pada satu rekening bank saja. selain itu buat mencegah pencuri kartu ATM melancarkan aksinya disarankan selalu mengubah PIN secara berkala buat meningkatkan keamanan.

Pencarian PopularCara mencuri isi ATM orang,cara pencuri atm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *