Jelaskan kenapa salat berjamaah lebih utama dari salat sendirian ? | Warta Ngetop

Jelaskan kenapa salat berjamaah lebih utama dari salat sendirian ?

Pada soal kali ini kalian diminta untuk menjelaskan Mengapa salat berjamaah lebih utama dari salat sendirian ?

Lebih diutamakan / dianjurkan dalam hal ini, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, “Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Salat berjamaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.”(H.R. Bukhari dan Muslim).

Kenapa salat berjamaah lebih utama dari salat sendirian ?

Jawaban yang benar adalah:

Salat berjamaah lebih utama / dianjurkan dari salat sendirian / munfarid karena salat berjamaah pahalanya lebih besar daripada salat sendirian. Apabila salat berjmaah pahalanya sebanyak 27 derajat, namun kalau salat sendirian pahalanya 1 derajat.

Begitulah jawaban yang benar. Pernyataan saoal mengenai lebih diutamakan ini sebenarnya sesuai dengan hadis yang Riwayat Bukhari dan Muslim berikut:

Pada hadis di atas, jelas bahwa rasul menerangkan bahawa salat bersama-sama di masjid itu lebih utama sebab pahalanya 27 derajat.

Yang berarti lebih tinggi / banyak dari salat sendirian yang hanya 1 derajat. Makanya rasul sangat menganjurkan / mengutamakan dalam slaat berjamaah.

Kunci Jawaban dari soal kenapa salat berjamaah lebih utama:

Mengapa salat berjamaah lebih utama dari salat sendirian

Sebab, salat berjamaah pahalanya lebih besar dari salat sendirian / munfarid. Yaitu 27 derajat apabila salat berjamaah, sedangkan salat sendirian pahalanya hanya 1 derajat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *