Jelaskan arti wakaf menurut bahasa dan istilah ! | Warta Ngetop

Jelaskan arti wakaf menurut bahasa dan istilah !

wartangetop.com – Jelaskan arti wakaf menurut bahasa dan istilah ! secara bahasa berarti jika dilihat dari bahasa, sedangkan secara istilah berarti berdasarkan pengertian / maknanya dalam konteks umum maupun kusus.

Jadi kan yang ditanyakan adalah wakaf. Kalau secara bahasa berarti kata wakaf itu berasal dari bahasa apa, dan kata apa kemudian artinya apa.

Lalu kalau secara istilah berarti berdasarkan makna / pengertian dalam hal ini lingkup secara khusus maupun umum.

Jawab:

Kata wakaf berasal dari bahasa arab yang artinya menahan (al-habs) dan mencegah (al-man’u) yang artinya menahan untuk dijual, dihadiahkan atau diwariskan.

Sedangkan wakaf secara istilah syar’i adalah ungkapan yang diartikan penahanan harta milik seseorang kepada orang lain atau kepada lembaga dengan cara menyerahkan benda yang sifatnya kekal kepada masyarakat untuk diambil manfaatnya.

Begitulah jawabannya teman-teman. Jadi pada belajar online kali ini, kata kuncinya adalah wakaf yang mana kalau dari segi bahasa berarti menahan dan mencegah.

Mencegah dari diwariskan. Misalnya seorang mewakafkan tanahnya untuk dijadikan masjid. Dari hal ini jelas, bahwa harta yang dimiliki tersebut diberikan untuk masyarakat untuk dimanfaatkan.

Kalau biasanya kan, setelah seseorang meninggal dunia, diwarisakan ke anak atau keluarga. Pada wakaf, harta tersebut tidak boleh diambil, diwariskan, dihadiahkan lagi kepada orang lain.

Namun misalnya, tanah tersebut telah diwakafkan sebagai Tempat Pemakaman Umum, masjid dan lain sebagainya ke masyarakat untuk dimanfaatkan demi kepentingan bersama. Berikut ini adalah keterangan mengenai pengertian wakaf sesuai dengan buku paket kelas 10 pada halaman 132:

Kunci Jawaban

Jelaskan arti wakaf menurut bahasa dan istilah

Demikian pengertian wakaf secara bahasa dan istilah. 📘📗✅

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *